Strategi Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD Negeri 7 Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v10i2.861

Keywords:

Strategi, Meningkatkan, Mutu Pendidikan, Strategies, improvement, educational quality

Abstract

Kepemimpinan adalah perilaku yang sengaja dijalankan oleh seseorang terhadap orang lain untuk menstruktur aktifitas serta hubungan dalam kelompok, organisasi atau lembaga pendidikan. Kepala sekolah dilukiskan sebagai orang yang memiliki harapan tinggi bagi para staf dan para siswa untuk mencapai tujuan tertentu terutama dalam meningkatkan mutu pendidikan. Rumusan masalah (1) Bagaimana strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri 7 Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen. (2) Bagaimana strategi guru dalam peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri 7 Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen. (3) Bagaimana kendala yang dihadapi kepala sekolah dan guru dalam peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri 7 Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen. Penulis melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui strategi kepala sekolah dan guru dalam peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri 7 Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen serta kendala yang dihadapi. Metode penelitian ini penelitian kualitatif deskriptif yang dimaksud di sini adalah penelitian yang berusaha mengungkapkan fakta suatu kejadian pada objek yang akan diteliti secara “apa adanya” untuk menjawab permasalahan yang bersumber dari ucapan atau tulisan subyek penelitian. Hasil penelitian dan pembahasan dari penelitian ini menunjukkan bahwa  strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri 7 Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen adalah mencari pengajar yang sesuai dengan ijazahnya minimal S1, meningkatkan kedisiplinan, meningkatkan profesionalitas guru. Sedangkan strategi guru adalah para guru mempersiapkan dirinya dengan baik sebelum pembelajaran dimulai. Kendala yang dihadapi adanya siswa yang memiliki keterbelakangan khusus sehingga guru lebih ekstrim dalam mengajar karena siswa yang memiliki keterbelakangan seperti itu merupakan tantangan seorang guru dalam mendidik siswanya, dan ada juga anak yang belum fokus dalam proses belajar mengajar berlangsung. Menurut analisa peneliti kepala sekolah, guru dan stakeholder harus bersama-sama untuk memberikan perhatian lebih dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dapat tercapai.

References

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru Bab I Pasal I

Agus Maimun. Madrasah Unggulan. Malang: UIN Maliki Press, 2010.

Akhyak. Profil Pendidik Sukses. Surabaya: eLKAF, 2005.

Ali Rohmad. Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: Bima Ilmu, 2004.

Andi Prastowo. Memahami Metode-metode Penelitian; Suatu Tinjauan Teoritis dan Praksis. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Beni Ahmad Saebani. Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia, 2008.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Penerbit Jumanatul Ali, 2005.

E Mulyasa. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Husaini Usman. Manajemen Teori Praktek Dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: GP. Press, 2010.

Jamal Ma’mur Asmani. Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jogjakarta: Diva Press, 2012.

Jejen Musfah. Pendidikan Holistik Pendekatan Lintas Perspektif. Kencana: Jakarta, 2012.

John W. Creswell. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Ed 3. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Latifah Husien. Profesi Keguruan: Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2017.

Mulyadi. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu. Malang; UIN Maliki Press, 2010.

Mulyasa. Menejemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosdakarya, 2004.

Mulyasana Dedy. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Poewadarminta. W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2003.

Prim Masrokan Mutahar. Manajemen Mutu Sekolah; Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Raflis Kosasi Soetjipto. Profesi Guru. Jakarta: Rineka Cipta, Cet. Ke-1, 2000.

Rully Indrawan dan R. Poppy Yaniawati. Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: Refika Aditama, 2014.

Sofan Amari. Peningkatan Mutu Pendidikan Sofan Amari, Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar & Menengah. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2013.

Stephen P. Mary dan Robbins Coulter. Manajemen. Jakarta: Prenhallindo, 1999.

Sudarwan Danim. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Suharsimi Arikunto. Organisasi dan Teknologi dan Kejurusan. Jakarta: Rajawali, 1989.

Sulistyorini. Menejemen Pendidikan Islam Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras, 2009.

Syafaruddin. Menejemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2002.

Syafaruddin. Menejemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2002.

Triton PB. Manajemen Strategis Terapan Perusahaan dan Bisnis. Yogyakarta: Tugu Publiser, Cet. I, 2007.

Umaedi. Manejemen Peningkatan Mutu berbasis Sekolah: Sebuah Pendekatan Baru dalam Pengelolaan Sekolah untuk Peningkatan Mutu. http://ssep.net/director.html. Diakses tanggal 23 September 2020.

Undang-undang Sisdiknas. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas: 2003.

UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab 2, pasal 3.

Veithzal Rivai. Kepemimpinan Dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

Wahjosumidjo. Kepemiminan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2008.

Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2007.

JURNAL AT-TARBIYYAH  VOL. 10 NO. 2 TAHUN 2024

Published

2024-12-31

How to Cite

Strategi Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD Negeri 7 Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen. (2024). Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 10(2), 134-148. https://doi.org/10.54621/jiat.v10i2.861