Peran Guru Dalam Memotivasi Siswa Meningkatkan Hafalan Ilmu Nahu Di MAN 2 Bireuen
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiat.v7i1.95Keywords:
Peran, Motivasi, hafalan, NahuAbstract
Ilmu Nahu adalah salah satu disiplin ilmu untuk menguasai bahasa Arab. Pembelajaran bahasa Arab yang maksimal harus diterapkan dengan metode menghafal yang disertai dengan motivasi menghafal yang diberikan oleh guru selaku pendidik. Berdasarkan hal tersebut penulis ingin meneliti tentang peran guru dalam memotivasi siswa agar mau menghafal materi ilmu Nahu. Berdasarkan hasil penelitian, peran guru dalam memotivasi siswa menghafal untuk meningkatkan menguasai materi ilmu Nahu di MAN 2 Bireuen, guru pendidikan bahasa Arab telah melakukan beberapa upaya atau peran antara lain memberikan penghargaan berupa hadiah atau pijian lainnya agar siswa mau menghafal, membuat perencanaan terhadap hasil belajar dalam artian guru memberikan informasi apa yang akan dipelajari dan apa keuntungan mempelajari materi tersebut, selain itu guru juga menumbuhkan kesadaran kepada siswa agar menghafal dan yang terakhir guru memberikan hasil ujian siswa karena dengan dilihat hasil belajarnya siswa akan termotivasi untuk belajar lebih giat lagi.
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />