PENERAPAN PROGRAM KEDISIPLINAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SMK DI LINGKUNGAN SEKOLAH (Studi Kasus di SMKS Islam Dayah Jamiah Al-Aziziyah Samalanga)
Studi Kasus di SMKS Islam Dayah Jamiah Al-Aziziyah Samalanga
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiat.v7i2.102Keywords:
program, Kedisiplinan, SantriAbstract
Dalam proses Pembelajaran ini terjadi interaksi antara guru dan siswa maka sangat penting diterapkan kedisiplinan untuk berjalannya aktifitas belajar dengan maksimal dan juga akan berpengaruh kepada pencapain sepert prestasi dan motivasi siswa untuk belajar lebih giat dan lebih maksimal sesuai yang di harapkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem penerapan kedisiplinan siswa SMK terhadap pembelajaran dilingkungan sekolah SMKS Islam Dayah Jamiah Al-aziziyah Samalanga. Adapun Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan kedisiplinan terhadap siswa SMK dalam proses pembelajaran dilingkungan sekolah ini sudah dilaksanakan dengan sangan baik, dalam penerapan pogram kedisiplinan dilakukan dengan perencanaan, Pengelompokan, pelaksanaan, Pengawasan, penilaian, hukuman dan penghargaan. Metodelogi penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan, Penelitian Kualitatif. Penelitian ini berasal dari sumber primer mengenai materi perkembangan peserta didik, pendidikan karakter siswa, dan jurnal. Sedangkan sumber sekunder berupa literatur penunjang yang relevan dari hasil wawancara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian siswa sering berperilaku membolos dan terlambat sekolah. Penanganan yang telah dilakukan oleh petugas sekolah yaitu memberikan bimbingan, pengarahan, dan sanksi bila diperlukan. Sehingga dari penanganan tersebut, mampu menghasilkan pribadi yang jujur, toleran, tanggung jawab, kreatif, disiplin, dan mandiri di lingkungan sekolah maupun lingkungan bermasyarakat. Adapun bentuk-bentuk pelanggaran kedisiplinan yang sering dilakukan siswa, yaitu: terlambat datang ke sekolah, terlambat masuk kelas, tidak memperhatikan kepapan tulis, mencoret-coret dinding, berteriak di kelas, memukul meja, tidak mengerjakan PR, membawa HP, berkelahi, dan merokok.
References
Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Yang Patut dan Menyenangkan. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation
Siswanto, 2002. Manajamen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
Usman,M.U (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung:Remaja Rosdakarya
Asnawi. (2004). Kedisiplinan Siswa dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar. Tesis. Banda Aceh: Unsyiah.
Kusdiyati, Sulisworo, Halimah, L., and Faisaluddin, F. (2012). Penyesuaian Diri di Lingkungan Sekolah pada Siswa Kelas XI SMA Pasundan 2 Bandung. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 8(2).
Mulyadi, Y. (2017). Pembelajaran Menyenangkan di Sekolah Menengah. Jurnal Kependidikan, 18(1).
Nooryono, E. (2009). Lingkungan Sebagai Sumber Belajar dalam Rangka Meningkatkan Minat Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA 2 Bae Kudus. Tesis: Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Rosyadi, Y.I. and Pardjono. (2015). Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP 1 Cilawu Garut. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan,3(1).
Setiawan, N. and Yuliana, L. (2014). Pengembangan Model Pendidikan Karakter sebagai Upaya Peningkatan Personal dan Social Skill bagi Anak Jalanan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No. 20(3).
Sudikno, I.S. (2014). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Disiplin Belajar, dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Taman Pemalang. Jurnal: Economic Education Analysis Journal, No. 3(1).
Tahir, M. (2013). Disiplin Guru dalam Pembelajaran: Studi Pada MTsN Gandapura Kabupaten Bireun. Tesis. Banda Aceh: IAIN Ar-Raniry.
Tamarli. (2009). Strategi Kepala Sekolah dalam Membina Disiplin di Sekolah. Jurnal Serambi Ilmu, Volume. 7. Nomor 1. September.
Published
Versions
- 2022-01-02 (6)
- 2022-01-02 (5)
- 2021-12-31 (4)
- 2021-12-31 (3)
- 2021-12-31 (2)
- 2021-12-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Jurnal At-Tarbiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />