Upaya Guru Dalam Mengimplementasi Teori Belajar Sosial Albert Bandura di Kelas

Authors

  • Keanu Pramudiantoro Universitas Sebelas Maret
  • Hanifah Maharani Universitas Sebelas Maret
  • Bintang Asmaracha Nindiatma Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v11i1.1037

Keywords:

Teori Belajar Sosial, Albert Bandura, Implementasi di Kelas, Upaya Guru, Pembelajaran Observasional

Abstract

Belajar merupakan proses penting dalam kehidupan manusia yang melibatkan perubahan kognitif, psikomotorik, dan afektif individu. Dalam pencapaian tujuan belajar, diperlukan penerapan teori belajar yang efektif, salah satunya adalah Teori Belajar Sosial yang diutarakan oleh Albert Bandura. Teori ini menegaskan bahwa individu belajar melalui observasi, imitasi, dan interaksi sosial. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji upaya-upaya guru dalam mengimplementasikan Teori Belajar Sosial Bandura di kelas. Metode penelitian yang dipakai adalah studi literatur terhadap berbagai jurnal relevan terbitan lima tahun terakhir. Hasil telaah menunjukkan bahwa guru dapat mengoptimalkan penerapan teori ini melalui beberapa strategi, antara lain: pemodelan perilaku positif, pembelajaran kooperatif, pemberian tanggapan yang konstruktif, pengkondisian lingkungan belajar yang membantu, serta penggunaan media dan teknologi dalam pembelajaran. Implementasi yang efektif dari teori ini mampu meningkatkan kepercayaan diri peserta didik, memperkuat nilai-nilai karakter, serta mendorong pengembangan moral dan sosial siswa. Dengan demikian, teori belajar sosial Albert Bandura dapat menjadi landasan penting dalam upaya membentuk perilaku positif di lingkungan pendidikan dasar.

References

Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, dan Sauda Julia Merliyana. “Tinjauan Pustaka Metode Penelitian Kualitatif.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (1 Maret 2022): 974–80. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Chadidjah, Sitti, Agus Kusnayat, Uus Ruswandi, dan Bambang Syamsul Arifin. Nilai Moderasi Beragama Yang Diterapkan Dalam Pembelajaran PAI: Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar Menengah dan Tinggi.” Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, no. 1 (26 Juni 2021): 114–24. https://doi.org/10.51729/6120.

Fajrussalam, Hisny. “Prinsip Mendasar Moderasi di Pondok Pesantren Menurut Tradisi Kitab Kuning.” Atthulab Islamic Religion Teaching and Learning Journal 5 (2 November 2020): 210–24. https://doi.org/10.15575/ath.v5i2.8371.

Fiqih, Muh Ainul. “Peran Pesantren Dalam Menjaga Tradisi-Budaya Dan Moral Bangsa.” PANDAWA 4, no. 1 (31 Januari 2022): 42–65.

Gufron, Iffan Ahmad. “Santri Dan Nasionalisme.” Islamic Insights Journal 1, no. 1 (9 Mei 2019): 41–45. https://doi.org/10.21776/ub.iij.2019.001.01.4.

Haryono, Eko. “Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.” An-Nuur 13, no. 2 (31 Oktober 2023). https://doi.org/10.58403/annuur.v13i2.301.

Muzakki, Ahmad, dan Ahdiyat Agus Susila. "Kitab-Kitab Pesantren: Mengatur Nilai-Nilai Islam Wasathiyah Sebagai Modalitas Mewujudkan Perdamaian Dunia." HUMANISTIKA : Jurnal Keislaman 8, no. 2 (30 Juni 2022): 176–203. https://doi.org/10.55210/humanistika.v8i2.833.

Ngaini, Uun Nur, dan Agus Salim. “Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Perdamaian Di Pondok Pesantren Sananul Huda Selorejo Blitar.” JIPI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam) 2, no. 2 (15 Oktober 2023): 66–99. https://doi.org/10.58788/jipi.v2i1.3371.

Prastyo, Angga Teguh, dan Isna Nurul Inayati. “Memanfaatkan Literasi Digital untuk Mendorong Moderasi Beragama bagi Para Santri (Studi Kasus Di Mahad Uin Maulana Malik Ibrahim Malang).” INCARE, International Journal of Educational Resources 2, no. 6 (28 April 2022): 665–83. https://doi.org/10.59689/incare.v2i6.361.

Putri, Arum Ekasari. “Penilaian Program Bimbingan Dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka.” JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia) 4, no. 2 (16 Oktober 2019): 39. https://doi.org/10.26737/jbki.v4i2.890.

Santoso, Sigit. “Peran Pesantren Dalam Pendidikan Resolusi Konflik Keagamaan.” Jurnal At-Tarbiyat :Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (23 Desember 2019): 140–57. https://doi.org/10.37758/jat.v2i2.162.

Published

2025-06-30

How to Cite

Pramudiantoro, K., Maharani, H., & Nindiatma, B. A. (2025). Upaya Guru Dalam Mengimplementasi Teori Belajar Sosial Albert Bandura di Kelas. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 11(1), 17-24. https://doi.org/10.54621/jiat.v11i1.1037