Integrasi Teori Piaget Dalam Desain Pembelajaran Abad-21
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiat.v11i1.1038Keywords:
teori piaget, kognitivisme, pembelajaran abad ke-21, perkembangan kognitif, konstruktivismeAbstract
Artikel ini mengkaji tentang integrasi dari teori perkembangan kognitif Jean Piaget dalam desain pembelajarqan abad ke-21. Teori ini menjelaskan bahwa proses belajar merupakan aktivitas yang aktif yang dimana melibatkan interaksi antar siswa dengan lingkungan guna membangun pengetahuan secara bertahap, melalui skema, asimilasi, akomodasi, dan ekuilibrasi. Pendekatan ini sejalan dengan kebutuhan pembelajaran modern yang menekankan pengembangan kemandirian, eksplorasi, serta berpikir kritis. Penelitian dilakukan melalui metode literatur review terhadap 6 artikel terpilih yang diterbitkan rentang tahun 2021-2025, serta didukung oleh artikel-artikel dari jurnal bereputasi internasional. Hasil kajian menunjukkan bahwa teori Piaget tidak hanya relevan secara konseptual, tetapi juga efektif jika diterapkan dalam konteks pembelajran konkret di kelas. Temuan ini menegaskan pentingnya guru untuk memahami tahapan perkembangan kognitif dari siswa dalam Menyusun strategi, media. dan metode pembelajran yang adaptif juga bermakna.
References
Alhabib, L. (2021). Jean-Piaget’s Constructivist Theory of Learning and Its Application in Teaching. Doran-International Early Childhood Education.
Anggraeni, N., Dwi Alviana, W. K., Wahyuni, D. F., Ainurrosyidah, L. D. K., Mahardika, I. K., Sutarto, S., & Wicaksono, I. (2024). Analisis perkembangan peserta didik menurut teori jean piaget dan pengimplementasianya pada pembelajaran ipa smp. Edusaintek, 11(3), 1503–1519. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i3.1252
Barrouillet, P. (2015). Theories of cognitive development: From Piaget to today. Developmental Review, 38, 1–12. https://doi.org/10.1016/j.dr.2015.07.004
Budiyanti, K., Zaim, M., & Thahar, H. E. (2023). Teori-Teori Pendidikan dan Pengaruhnya terhadap Pembelajaran Bahasa Abad ke-21. Journal of Education Research, 4(4), 2471–2479.
Ferronato, R., Lima, A. B., Nascimento Da Silva, M. T., Pontes, F. G. A., & Lima, O. D. S. F. C. (2024). Jean Piaget E O Desenvolvimento Cognitivo: Impactos De Suas Teorias No Ensino. IOSR Journal of Business and Management, 26(11), 60–70. https://doi.org/10.9790/487x-2611066070
Hazmi, D. (2023). Perkembangan Kognitif Anak Menurut Teori Piaget. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 22(2), 412–419. https://doi.org/10.47467/mk.v22i2.3018
Madaniyah, J., Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN IMPLIKASINYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky) Muhammad Khoiruzzadi, 1 & Tiyas Prasetya 2. 11, 1–14.
Nurhadi. (2020). Teori kognitivisme serta aplikasinya dalam pembelajaran. 2, 77–95.
Ratnaningtyas, E. M., Ramli, Syafruddin, Saputra, E., Suliwati, D., Nugroho, B. T. A., Karimuddin, Aminy, M. H., Saputra, N., Khaidir, & Jahja, A. S. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Sari, M. Y., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2025). Penerapan Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. 25(1), 546–553. https://doi.org/10.33087/jiubj.v25i1.4806
Sidik, F. (2020). ACTUALIZING JEAN PIAGET ’ S THEORY OF COGNITIVE DEVELOPMENT IN AKTUALISASI TEOR. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(6), 1106–1111.
Silva, C. V. da, Pereira, F. A., Belém, B. de C., Ferreira, L. K. R., Oliveira, L. de J., Silva, J. dos S., Vasconcelos, A. C. da S., & Neves, L. E. de O. (2024). Estudo sobre a Teoria da Aprendizagem de Jean Piaget. https://doi.org/10.51473/ed.al.edi10
Sriastuti, L., & Masing, M. (2022). Application of jean piaget’s cognitive learning theory in early childhood education. 2(1), 14–22. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i1.101
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wardani, H. K. (2022). Pemikiran Teori Kognitif Piaget Di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 16(1), 7. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.12251
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />