Tinjauan Analisis Kontribusi Pesantren Dalam Menjaga Perdamaian Melalui Sikap Moderat Santri

Authors

  • zulfahmi zulfahmi dosen Universitas Islam Al Aziziyah Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v11i1.1045

Keywords:

kontribusi, pesantren, perdamaian, moderat

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi peran pesantren dalam memelihara kedamaian melalui pengembangan sikap moderat pada santri. Pada dasarnya, pondok pesantren telah menanamkan nilai-nilai moderat pada santrinya, di mana esensi ajaran moderat dipahami oleh santri melalui studi kitab kuning. Salah satu aspek penting adalah bahwa kitab kuning yang dijalankan di pondok pesantren memegang peran kunci sebagai panduan utama untuk membentuk sikap moderat santri. Beberapa nilai ini dapat diidentifikasi dalam literatur-literatur khas pondok pesantren. Jenis penelitian ini, yang berupa studi kepustakaan (library research) dalam konteks Islam wasathiyah, memiliki keterkaitan erat dengan perdamaian. Konsep Islam wasathiyah menjadi sebuah landasan penting yang perlu terus diadvokasi dan diaplikasikan guna mencapai perdamaian dunia. Memiliki pemahaman akan konsep wasathiyah menjadi instrumen krusial dalam memelihara harmoni di dalam masyarakat dan negara. Dengan mengadopsi wasathiyah, upaya pencegahan radikalisme dapat diwujudkan, toleransi dalam beragama dapat diterapkan dengan lebih mudah, perbedaan pendapat dianggap sebagai anugerah, dan sikap Suudzan (pikiran buruk) dapat diubah menjadi sikap Husnudzan (pikiran baik).

References

Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, dan Sauda Julia Merliyana. “Tinjauan Pustaka Metode Penelitian Kualitatif.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (1 Maret 2022): 974–80. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Chadidjah, Sitti, Agus Kusnayat, Uus Ruswandi, dan Bambang Syamsul Arifin. Nilai Moderasi Beragama Yang Diterapkan Dalam Pembelajaran PAI: Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar Menengah dan Tinggi.” Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, no. 1 (26 Juni 2021): 114–24. https://doi.org/10.51729/6120.

Fajrussalam, Hisny. “Prinsip Mendasar Moderasi di Pondok Pesantren Menurut Tradisi Kitab Kuning.” Atthulab Islamic Religion Teaching and Learning Journal 5 (2 November 2020): 210–24. https://doi.org/10.15575/ath.v5i2.8371.

Fiqih, Muh Ainul. “Peran Pesantren Dalam Menjaga Tradisi-Budaya Dan Moral Bangsa.” PANDAWA 4, no. 1 (31 Januari 2022): 42–65.

Gufron, Iffan Ahmad. “Santri Dan Nasionalisme.” Islamic Insights Journal 1, no. 1 (9 Mei 2019): 41–45. https://doi.org/10.21776/ub.iij.2019.001.01.4.

Haryono, Eko. “Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.” An-Nuur 13, no. 2 (31 Oktober 2023). https://doi.org/10.58403/annuur.v13i2.301.

Muzakki, Ahmad, dan Ahdiyat Agus Susila. "Kitab-Kitab Pesantren: Mengatur Nilai-Nilai Islam Wasathiyah Sebagai Modalitas Mewujudkan Perdamaian Dunia." HUMANISTIKA : Jurnal Keislaman 8, no. 2 (30 Juni 2022): 176–203. https://doi.org/10.55210/humanistika.v8i2.833.

Ngaini, Uun Nur, dan Agus Salim. “Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Perdamaian Di Pondok Pesantren Sananul Huda Selorejo Blitar.” JIPI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam) 2, no. 2 (15 Oktober 2023): 66–99. https://doi.org/10.58788/jipi.v2i1.3371.

Prastyo, Angga Teguh, dan Isna Nurul Inayati. “Memanfaatkan Literasi Digital untuk Mendorong Moderasi Beragama bagi Para Santri (Studi Kasus Di Mahad Uin Maulana Malik Ibrahim Malang).” INCARE, International Journal of Educational Resources 2, no. 6 (28 April 2022): 665–83. https://doi.org/10.59689/incare.v2i6.361.

Putri, Arum Ekasari. “Penilaian Program Bimbingan Dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka.” JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia) 4, no. 2 (16 Oktober 2019): 39. https://doi.org/10.26737/jbki.v4i2.890.

Published

2025-06-30

How to Cite

zulfahmi, zulfahmi. (2025). Tinjauan Analisis Kontribusi Pesantren Dalam Menjaga Perdamaian Melalui Sikap Moderat Santri. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 11(1), 10-16. https://doi.org/10.54621/jiat.v11i1.1045