Pengaruh Perilaku Berbahasa Dalam Masyarakat Terhadap Mutu Pendidikan Dan Perkembangan Karakter Pada Anak Usia Dini di TK Negeri Kuta Sabi Makmur Kabupaten Bireuen

Authors

  • Salwa Musa STIT Syamsuddhuha Aceh Utara

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v7i2.130

Keywords:

Kata Kunci: perilaku berbahasa, pendidikan, perkembangan, dan anak usia dini.

Abstract

Pengaruh Perilaku Berbahasa Dalam Masyarakat Terhadap Mutu Pendidikan  Dan Perkembangan  Karakter  Di TK Negeri Kuta Sabi Makmur Kabupaten Bireuen. Anak usia dini ibarat selembar kertas putih yang harus diukir dengan berbagai warna yang mampu memberikan keindahan serta nilai-nilai kebaikan. Usia anak-anak sangat rentan terhadap lingungan di sekitarnya terutama bahasa yang diperoleh si anak, sebab bahasa memiliki peran dan fungsi yang penting dan mendasar dalam proses pendidikan dan perkembangan karakter pada anak usia dini. Seorang anak yang baru belajar bahasa akan merekam apa yang ia lihat dan dengar. Bahasa yang diajarkan kepada anak harus mengandung nilai-nilai kebaikan yang menunjang pendidikan dan perkembangan karakter pada anak. Penelitian ini berfokus pada bagaimana pengaruh perilaku bahasa dalam mutu pendidikan dan perkembangan sikap/karakter pada anak usia dini. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang bersifat deskripsi dengan teknik catat dan observasi. Dari penelitian yang dilakukan terdapat pengaruh perilaku bahasa terhadap pendidikan dan perkembangan karakter pada anak usia dini baik di dalam lingkungan sekolah maupun luar sekolah yakni (1) perilaku berbahasa baik/sopan akan berpengaruh terhadap pendidikan dan perkembangan karekter pada anak usia dini yang menanamkan nilai-nilai baik, kesopanan dalam berbicara, bersikap, berfikir positif dan berinterkasi terhadap sesama. (2) perilaku berbahasa buruk/tidak sopan akan menanamkan dan membentuk karakter yang buruk terhadap pendidikan dan perkembangan karakter anak itu sendiri yakni keegoisan, ketidak sopanan, mudah marah, kebingungan, dan lamban dalam bersikap, jadi perilaku berbahasa sangat berpengaruh dalam menentukan pendidikan dan perkembangan karakter pada anak usia dini, sebab melalui bahasa seorang anak akan terlatih psikomotorik dan mental baik dalam bertindak maupun bertutur dengan penutur sekitarnya.

References

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Erik, Erikson. 1963.Childhood and Society. Pustaka Pelajar.
Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Latifah, Melly. 2011. Peranan Keluarga dalam Pendidikan Karakter Anak. (online) Megawangai, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter untuk Membangun Masyarakat Madani.IPPK Indonesia Heritage Foundation.
Sumarsono & Paini Partana. 2016. psikoliguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2021-12-30 — Updated on 2021-12-31

Versions

How to Cite

Salwa Musa. (2021). Pengaruh Perilaku Berbahasa Dalam Masyarakat Terhadap Mutu Pendidikan Dan Perkembangan Karakter Pada Anak Usia Dini di TK Negeri Kuta Sabi Makmur Kabupaten Bireuen. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 7(2), 255-265. https://doi.org/10.54621/jiat.v7i2.130 (Original work published December 30, 2021)