Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SD Negeri 7 Jaya
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiat.v6i2.173Keywords:
Kualitas Pembelajaran, Manajemen KurikulumAbstract
Pembangunan kualitas pendidikan sangatlah penting untuk membentuk karakter peserta didik yang menguasai ilmu pengetahuan dan berwawasan luas. Salah satu aspek yang berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan adalah aspek kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SD Negeri 7 Jaya Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan mengunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data. Penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi, pengamatan yang tekun dan pengecekan dengan kawan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum di SD Negeri 7 Jaya melibatkan pengawas sekolah, stakeholder yang ada, dan wali murid. Perencanaan kurikulum dilakukan pada awal tahun pelajaran baru. Pengorganisasian kurikulum dilakukan sesuai dengan prosedur dalam manajemen kurikulum. Pelaksanaan kurikulum dilakukan oleh seluruh guru baik berupa kegiatan pembelajaran maupun pada kegiatan ekstrakurikuler. Evaluasi kurikulum dilakukan dengan cara pemantauan langsung oleh waka kurikulum, kemudian dilaporkan kepada kepala sekolah. Di Samping itu setiap guru juga diwajibkan membuat laporan kegiatan pengajaran selama satu tahun. Dari hasil evaluasi dijadikan bahan pertimbangan dalam perencanaan kurikulum, kemudian akan dilakukan rencana tindak lanjut untuk tahun berikutnya.
References
Agustinus Hermino, Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter, Bandung: Alfabeta, 2014
Ahmadi, Manajemen Kurikulum Pendidikan Kecakapan Hidup, Yogyakarta: Pustaka Ifada, 2013
Din Wahyudin, Manajemen Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014
Oemar hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2015
Oemar Hamalik, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Alfabeta, 2012
Sofyan Amri, dkk, Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran, Jakarta: Prestasi Pustakarya, 2011
Sudarwan Danim, Pengantar Kependidikan, Bandung: Alfabeta, 2013
Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2017
Syafruddin Nurdin, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Jakarta: Ciputat Pres, 2002
Syarifuddin, Manajemen Pendidikan, Jakarta: Diadit Media, 2011
Teguh Triyanto, Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2015
Zainal Arifin, Konsep Dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rodaskarya, 2011
Published
Versions
- 2020-12-30 (2)
- 2020-12-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />