This is an outdated version published on 2020-12-30. Read the most recent version.

Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SD Negeri 7 Jaya

Authors

  • Barrulwalidin Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga
  • Amiruddin Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v6i2.173

Keywords:

Kualitas Pembelajaran, Manajemen Kurikulum

Abstract

Pembangunan kualitas pendidikan sangatlah penting untuk membentuk karakter peserta didik yang menguasai ilmu pengetahuan dan berwawasan luas. Salah satu aspek yang berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan adalah aspek kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  manajemen   kurikulum   dalam   meningkatkan kualitas  pembelajaran  di  SD Negeri 7 Jaya Kabupaten Aceh Jaya.   Penelitian  ini termasuk penelitian lapangan dengan mengunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data. Penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi,  pengamatan  yang  tekun  dan pengecekan dengan kawan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum di SD Negeri 7 Jaya melibatkan pengawas sekolah, stakeholder yang ada, dan wali murid. Perencanaan kurikulum dilakukan pada awal tahun pelajaran baru. Pengorganisasian kurikulum dilakukan sesuai dengan prosedur dalam manajemen kurikulum. Pelaksanaan kurikulum dilakukan oleh seluruh guru baik berupa kegiatan pembelajaran maupun pada  kegiatan ekstrakurikuler. Evaluasi kurikulum dilakukan dengan cara pemantauan langsung oleh waka kurikulum, kemudian dilaporkan kepada kepala sekolah. Di Samping itu setiap guru juga diwajibkan membuat laporan kegiatan pengajaran selama satu tahun.  Dari hasil evaluasi dijadikan bahan pertimbangan dalam perencanaan kurikulum, kemudian akan dilakukan rencana tindak lanjut untuk tahun berikutnya.

References

Agustinus Hermino, Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter, Bandung: Alfabeta, 2014

Ahmadi, Manajemen Kurikulum Pendidikan Kecakapan Hidup, Yogyakarta: Pustaka Ifada, 2013

Din Wahyudin, Manajemen Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014

Oemar hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2015

Oemar Hamalik, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Alfabeta, 2012

Sofyan Amri, dkk, Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran, Jakarta: Prestasi Pustakarya, 2011

Sudarwan Danim, Pengantar Kependidikan, Bandung: Alfabeta, 2013

Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2017

Syafruddin Nurdin, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Jakarta: Ciputat Pres, 2002

Syarifuddin, Manajemen Pendidikan, Jakarta: Diadit Media, 2011

Teguh Triyanto, Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2015

Zainal Arifin, Konsep Dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rodaskarya, 2011

Published

2020-12-30

Versions

How to Cite

Barrulwalidin, & Amiruddin. (2020). Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SD Negeri 7 Jaya. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(2), 71-80. https://doi.org/10.54621/jiat.v6i2.173