Pemikiran Pendidikan Menurut Ikhwan As-Shafa'

Authors

  • umiarso Universitas Muhammadiyah Malang
  • Abdul Rahim Karim Institut Agama Islam Negeri Palopo

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v6i2.182

Keywords:

Ikhwan as-Shafa’, Pemikiran, dan Pendidikan

Abstract

Gerakan pemikir Islam yang juga terlintas dalam dunia filsafat Islam adalah (kelompok) Ikhwan As-Shafa’. Sejarah dan keberadaan mereka memang menjadi misteri yang sangat sulit untuk diangkat secara kritis kepermukaan akademik. Namun, pemikiran kelompok ini ketika dikaji justru akan menjadi sebuah khazanah keilmuan yang bisa dipetik kebaikan. Oleh karenanya, artikel ini mencoba memfokuskan pada konsep pemikiran dan corak pendidikan Ikhwan As-Shafa’ sebagai salah satu upaya mengkaji pemikiran kelompok tersebut. Upaya ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi pustaka; dan pengumpulan data memakai teknik dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis isi. Artikel ini menyimpulkan bahwa pemikiran dan juga corak pendidikan Ikhwan As-Shafa’ sangat mirip dengan pemikiran kependidikan John Locke tentang konsep tabularasa yang bersifat empirisme. Aliran ini menilai bahwa awal pengetahuan itu terjadi karena panca indera berinteraksi dengan alam nyata (realitas empiris). Namun, menariknya, tujuan kependidikan yang dirumuskan Ikhwan As-Shafa’ diorientasikan pada tujuan-tujuan individual dan sosial yang akan direalisasikan melalui aktivitas pendidikan. Sebab pendidikan bagi mereka merupakan suatu aktivitas yang berhubungan dengan kebijaksanaan.

References

As-Sadr, Muhammad Baqir. 1989. Falsafatuna. Beirut: Dar At-Ta’aruf.

At-Tauhidi, Abu Hayyan. 1944. Al-Imta’ wa Al-Mu’anasah. Beirut: Dar Maktabah Al-Hayah.

Farukh, Umar. 1972. Tarikh Al-Fikr Al-‘Arabi ila Ayyam Ibn Khaldun. Beirut: Dar Al-‘Ilm li Al-Malayin.

Fatikhin, Akhmad. 2014. Konsep Pendidikan Islam Menurut Ikhwan. Blogsite http://tiyangbodho.blogspot.co.id/2014/06/konsep-pendidikan-islam-menurut-ikhwan.html.

Fu’adi, Imam. 2011. Sejarah Peradaban Islam. Yogyakarta: Teras.

H. M. Arifin. 1996. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan, Ibrahim Hasan. 1958. Tarikh ad-Daulah al-Fatimiyyah. Kairo: Dar Al-Ma’arif.

Hidayatulloh, Furqon Syarief. 2013. Relevansi Pemikiran Ikhwan As-Shafa’ bagi Pengembangan Dunia Pendidikian. Jurnal Ta’dib, Vol. XVIII, No. 01, Edisi Juni 2013.

Hijab, Muhammad Farid. 1982. Al-Falsafah As-Siyasiyyah ‘inda Ikhwan As-Shafa’. Mesir: Al-Hai’ah Al-Mishriyyah Al-‘Ammah li Al-Kitab.

Ibn Al-Muqaffa’. 2003. Kalilah wa Dimnah, Fabel-Fabel Kearifan, terj. Misbah M. Majidi. Yogyakarta: Pustaka Sufi.

Ikhwan As-Shafa’. 1957. Rasa’il Ikhwan As-Shafa’. Vol. I - IV, Beirut: Dar Shadir.

Jamaluddin, Nariyah. 1982. Falsafah At-Tarbiyah ‘inda Ikhwan As-Shafa’. Kairo: Dar Al-Kitab.

Muniron. 2011. Epistemologi Ikhwan As-Shafa’. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nasir, M. 1988. Kebudayaan Islam dalam Perspektif Sejarah. Jakarta: Girimurti Pasaha.

Nasr, Sayyed Hossein. 1978. An Introductions to Islamic Cosmological Doctrines. USA: Shambala-Boulder.

Nasr, Sayyed Hossein. 1987. Islam Tradisi di Tengah Kancah Dunia Modern. Bandung: Penerbit Pustaka.

Nasution, Hasyimsyah. 2001. Filsafat Islam. Bandung: Gaya Media Pratama.

Nata, Abuddin. 1991. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Netton, Ian Richard. 1991. Muslim Neoplatonists, an Introduction to the Thought of the Brethren of Purity (Ikhwan As-Shafa’). Edinburgh: Edinburgh University Press.

Nizar, Samsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, Teoritis, dan Praktis. Jakarta: Ciputat Pers.

Putra, Mulyadi. 2013. Perspektif Ikhwan As-Shafa’ tentang Pendidikan Islam. Blogsite http://mulyadi11111992042008.blogspot.co.id/2013/05/perspektif -kelompok-ikhwan-as-shafa.html.

Ridla, Muhammad Jawwad. 2002. Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Salim, Moh. Haitami dan Syamsul Kurniawan. 2009. Studi Ilmu Pendidikan Islam. Pontianak: STAIN Pontianak Press.

Siddiqi, Nourouzzaman. 1986. Tamaddun Muslim, Bunga Rampai Kebudayaan Muslim. Jakarta: Bulan Bintang.

Supriyadi, Dedi. 2013. Pengantar Filsafat Islam, Konsep Filsuf dan Ajarannya. Bandung: CV Pustaka Setia.

Published

2022-01-05

How to Cite

umiarso, & Abdul Rahim Karim. (2022). Pemikiran Pendidikan Menurut Ikhwan As-Shafa’. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(2), 122-132. https://doi.org/10.54621/jiat.v6i2.182