Pendidikan Karakter Di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Covid 19

Authors

  • Rahmat Rifai Lubis Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tasya Amelia Putri Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Santi Mutia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Lili Nuryantika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Febri Hamzah A.K Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v6i1.183

Keywords:

Pandemi Covid-19, Pendidikan Karakter, Pendidikan Keluarga

Abstract

Pandemi Covid-19 pada masa sekarang ini berdampak luas bagi aspek-aspek kehidupan manusia. Tidak terlepas dampaknya bagi dunia Pendidikan. Berinteraksi di batasi antar individu yang memaksa proses interaksi belajar mengajar antar guru dan siswa tidak seperti biasanya pembelajaran normalatau tatap muka. Para Siswa di haruskan belajar dirumah dengan model pembelajaran jarak jauh. Di samping itu, pembelajaran daring atau jarak jauh memiliki sisi positif bagi Pendidikan siswa. Tujuan dari penelitian ini ialah pertama, untuk menganalisis apakah Pendidikan jarak jauh yaitu di lungkungan keluarga dapat mengoptimalkan Pendidikan karakter siswa. Kedua, menganalisis nilai karakter yang dikembangkan dari pembelajaran jarak jauh yakni nilai karakter disiplin, nilai kreatifitas, nilai mandiri dan nilai tanggung jawab. Berkembangnya nilai karakter tersebut menjadikan siswa lebih toleran dan optimal dalam melaksanakan pembelajaran daring saat pandemi ini.  Melalui terlaksananya pengembangan nilai karakter tersebut ialah kesuksesan orang tua, guru serta masyarakat dalam berkolaborasi mendidik anak saat pandemic Covid-19 saat ini.

References

Ansori, Y. Z. (2021). Menumbuhkan Karakter Hormat dan Tanggung Jawab Pada Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 599–605. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1120

Clemes, H., & Bean, R. (2001). “Melatih AnakBertanggung Jawab”. Mitra Utama.p.67

De Roche, T. (1999). “Character Matters: Using Newspaper to Teach Character”.p.89

Desmita. (n.d.). “Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya”.p.34-35

Edi Widianto. (2015). “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga”. PG-PAUD Trunojoyo, 2(1), 31–39. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i1.1817

Fita Sukiyani, Z. (2014). Pendidikan Karakter dalam Lingkungan Keluarga. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 11(1). https://doi.org/10.21831/socia.v11i1.5290

Husna Handayani, P., Gandamana, A., & Farihah. (2017). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 15(2), 46–56. https://doi.org/10.24114/jkss.v15i2.8774

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). Retrieved November 28, 2021, from https://kbbi.web.id/mandiri.html

Lickona, T. (2015). Character Matters: Persoalan Karakter, Bagaimana Membentu Anak Mengembangkan Penilaian Yang Baik, Integritas dan Kebajikan Penting Lainnya. PT Bumi Aksara.p.54-57

Mayasarokh, M., & Dewi, A. R. T. (2018). Pengaruh Pembiasaan Displin di Lingkungan Keluarga Terhadap Karakter Anak. Jurnal Pelita PAUD, 2(2), 214–227. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v2i2.235

Nova, D. D. R., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. JURNAL COMM-EDU, 2(2), 113–118.

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(manager pendidikan), p.464–468.

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622

Wuryandani, W., Maftuh, B., Sapriya, & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), p.286–295. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168

Yoga Purandina, I. P., & Astra Winaya, I. M. (2020a). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454

Yoga Purandina, I. P., & Astra Winaya, I. M. (2020b). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454

Published

2020-06-30

How to Cite

Rahmat Rifai Lubis, Tasya Amelia Putri Siregar, Santi Mutia, Lili Nuryantika, & Febri Hamzah A.K Harahap. (2020). Pendidikan Karakter Di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Covid 19. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(1), 35-47. https://doi.org/10.54621/jiat.v6i1.183

Most read articles by the same author(s)