Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Tari Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya Bagi Siswa MTSN Jeunieb Semester Genap Tahun Pelajaran 2014-2015

Authors

  • Salawati MTSN 8 Bireuen

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v4i2.189

Keywords:

prestasi belajar seni tari, model pembelajaran, tutor sebaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII/2 MTsN Jeunieb tahun pelajaran 2014-2015 melalui penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung dari Bulan Januari sampai dengan Juni 2015. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, masing-masing dengan tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting).Yang terlibat dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah peneliti, kolaborator, dan subjek penelitian yakni siswa kelas VIII/2 MTsN Jeunieb tahun pelajaran 2014-2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes unjuk kerja, catatan lapangan, kuesioner, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, dan triangulasi metode dan sumber. Teknis analisis yang digunakan adalah analisis kritis dan analisis deskriptif komparatif. Data kualitatif dianalisis dengan teknik analisis kritis, sedangkan data yang berupa tes, data kuantitatif, dianalisis secara deskriptif komparatif, yakni membandingkan skor tes antar siklus dengan kriteria keberhasilan tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata nilai siswa adalah 53,43 di kondisi pra siklus, 68,28 di siklus I, 83,85 di siklus II. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah apabila minimal 85% siswa mencapai nilai KKM yaitu75. Data ketuntasan belajar klasikal secara berturut-turut adalah 25,71% di kondisi pra siklus, 40% pada siklus I, dan pada siklus II 91,43%. Berdasarkan data-data di atas dapat ditunjukkan bahwa penerapan model Tutor Sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar seni tari bagi siswa kelas VIII/2 MTsN Jeunieb Tahun Pelajaran 2014-2015.

References

Branata SA. 2005. Pendidikan Anak-anak Terbelakang. Bandung: Masa Baru

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Zahendartika, Febryanti. 2010. Motivasi Siswa Terhadap Pembelajaran Seni Tari di SMA Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Tersedia dalam ejournal.unp.ac.id/index.php/sendratasik/ diakses pada tanggal 6 Juni 2015 pada pukul 15.00 WIB

Masunah, Juju dan Tati Narawati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni: Sebuah Bunga Rampai. Bandung: P4ST

Winkel. W.S. 2006. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta:Gramedia. Adesanjaya. Prestasi

Belajar. Diakses dari http://aadesanjaya.blogspot.com/2011/02/prestasi-belajar.html, pada tanggal. (2011)04 Juni 2015. Pukul 09.30 WIB.

Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen & Undang- undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2006. Surabaya: Wacana Intelektual

Yamin, Martinis. 2004. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Gaung Persada Press.

Ischak dan Warji. 1997. Program Remidial dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Supriadi, Dedi. 1999. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Semiawan , Cony. 1990. Pendekatan Ketrampilan proses. Jakarta: PT Gramedia Sawali, Diskusi Kelompok Terbimbing Metode Tutor Sebaya. (http://sawali.info/diakses 6 Juni 2018 pukul 11.00 WIB

Published

2018-12-30

How to Cite

Salawati. (2018). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Tari Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya Bagi Siswa MTSN Jeunieb Semester Genap Tahun Pelajaran 2014-2015. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4(2), 90-105. https://doi.org/10.54621/jiat.v4i2.189