Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru Dalam Kehadiran Mengajar Di Kelas Melalui Penerapan Reward And Punishment Di MTS Baitul A’idah Kecamatan Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Zubaili Kepala MTsS Baitul A’idah Simpang Mamplam Bireuen

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v4i1.196

Keywords:

Meningkatkan, Disiplin, Reward and Punishment

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research) yang bertujuan untuk mencari alternative pemecahan masalah sebagai upaya meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran mengajar dan meninggalkan kelas melalui penerapan Reward and Punishment. Penelitian tindakan ini dilakukan terhadap guru di MTs Baitul A’idah Kecamatan Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan sekolah yang alurnya, yaitu membuat siklus yaitu dari rencana tindakan, melaksanakan tindakan, observasi dan refleksi pelaksanaan tindakan selama dua siklus. Hasil refleksi tersebut digunakan sebagai pedoman untuk pengambilan keputusan mengambil keputusan melanjutkan atau menghentikan penelitian. Penelitian dilakukan secara spiral dalam siklus-siklus sampai siklus kedua. Hasil penelitian pada siklus 1 kedisiplinan kehadiran guru dalam mengajar di kelas terlambat kurang dari 10 menit mencapai 22,73% sehingga belum memenuhi indikator yang telah ditetapkan sebesar 75%. Pada siklus kedua kedisiplinan kehadiran guru dalam mengajar di kelas terlambat kurang dari 10 menit mencapai hasil 77,27%, dari hasil penelitian dan analisa data, pada siklus kedua, kedisiplinan kehadiran guru di kelas pada proses pembelajaran meningkat dan memenuhi indicator yang telah ditetapkan sebesar 75%. Dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan kedisiplinan kehadiran guru dikelas pada kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan penerapan Reward and Punishment kepada guru.

References

Amstrong. Michael. 1991. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakrta: Ghalia Indonesia.

Anwar Prabu Mangkunegara. 1994. Psikologi Perusahaan. Bandung: PT. Trigenta karya.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka cipta.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta.

Bambang Nugroho. 2006. Reward dan Punishment. Bulletin Cipta Karya, Departemen Pekerjaan Umum.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Sanjaya, W. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Depdiknas. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Depdiknas.

Saud, Udin Saefudin. 2009. Pengembangan Profesi Guru, Bandung: CV. Alfabeta.

Suderadjat, Hari. 2004. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)

Pembaharuan Pendidikan dalam Undang-undang Sisdiknas 2003. Bandung: CV. Cipta Cekas Grafika

Published

2018-06-30

How to Cite

Zubaili. (2018). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru Dalam Kehadiran Mengajar Di Kelas Melalui Penerapan Reward And Punishment Di MTS Baitul A’idah Kecamatan Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4(1), 44-56. https://doi.org/10.54621/jiat.v4i1.196