Tujuan, Alat dan Lingkungan Pendidikan Sebagai Faktor Determinan Dalam Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiat.v9i2.434Keywords:
Tujuan, Alat, Lingkungan PendidikanAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana tujuan, alat dan lingkungan pendidikan yang merupakan faktor yang sangat penting dalam pendidikan. Tulisan ini disusun dari penelitian kepustakaan (library research) dengan mengumpulkan data, menggunakan dokumentasi dari buku-buku, jurnal, dan hasil penelitian sebelumnya yang relevan dengan fokus pada kajian pada penelitian. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan pendidikan merupakan bagian integral dari sistem pendidikan, yang menempati tempat dan fungsi yang sangat penting. Oleh karena itu, setiap pendidik harus memiliki pemahaman yang baik tentang tujuan pendidikan. Kemudian faktor kedua mengacu pada fasilitas pendidikan, fasilitas pendidikan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi Peserta didik dalam proses pembelajaran dan dapat menjadi penghambat dalam proses pembelajaran. Dan faktor ketiga adalah lingkungan pendidikan. Lingkungan pendidikan dapat mempengaruhi setiap orang secara berbeda karena setiap lingkungan pendidikan memiliki lingkungan sosial budaya yang berbeda. Intensitas pengaruh lingkungan terhadap peserta didik tergantung pada seberapa banyak peserta didik menginternalisasi rangsangan yang dapat diberikan lingkungan, serta seberapa besar lingkungan dapat memahami dan menyediakan sarana untuk memenuhi kebutuhan peserta didik.
References
D. Marimba, A. (2005). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Al-Ma’rif.
Darajat, Z. (2008). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bumi Aksara.
Darajat, Z. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar (Cet. Ke 12). PT Bumi Aksara.
Kadir, A., Ahmad, F., Rosmiati, Endri, Y., Baehaqi, Rido, K., & Ahmad, N. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan. Kencana Pernada Media Group.
Nata, A. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Kencana Prenada Media Group.
Saat, S. (2015). Faktor-faktor Determinan dalam Pendidikan: Studi Tentang Makna dan Kedudukannya Dalam Pendidikan. Al-Ta’dib, 8(2).
Samani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Remaja Rosda Karya.
Suardi, M. (2010). Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi. PT Indeks.
Suryosubroto, B. (2004). Beberapa Aspek Dasar-dasar Kependidikan (Cet. Ke 2). Rineka Cipta.
Suwarno. (2009). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Ar-Ruzz Media.
Uyoh, S. (2009). Pengantar Filsafat Pendidikan. Alfabeta.
Zuhairini. (2003). Metodik Khusus Pendidikan Agama (Cet. Ke 8). UIN Sunan Ampel.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />