Model Komunikasi Guru Dalam Mengajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Kooperatif Tipe Picture And Picture Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN 1 Banda Sakti Lhokseumawe Diera Covid-19

Authors

  • Isna Inda IAIN Lhokseumawe
  • Muhammad Saleh IAIN Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v9i2.491

Keywords:

Model, Komunikasi Guru, Ilmu Pengetahuan Alam, Metode Kooperatif

Abstract

Penelitian ini berjudul Model Komunikasi guru dalam mengajar ilmu Pengetahuan Alam melalui metode kooperatif tipe Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN 1 Banda Sakti Kota Lhokseumawe diera covid-19. Adapun tujuan dari penelitian ini  adalah. Pertama, mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe picture and picture pada pelajaran IPA materi siklus air di kelas V SDN 1 Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Kedua, mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan Model kooperatif tipe picture and picture pada pelajaran IPA materi siklus air  di kelas V SDN 1 Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Metodelogi yang digunakan adalah Mix Methode data kualitatif diperoleh melalui hasil mendalami wawancara, mengamati di lapangan pada subjek penelitian. Teknik analisis data kuantitatif  dilakukan dengan membuat tabel pengamatan aktivitas siswa selama proses tindakan, sedangkan teknik analisis data kuantitatif diperoleh melalui tes hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Penegtahuan Alam materi siklus air. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Behaviorisme theori yang dicetus oleh Gage Berliner dengan asumsi belajar adalah perubahan dari tingkah laku sebagai akibat dari interaksi komunikasi antara stimulus dan respon. Hasil penelitianmenunjukkan Pertama, Hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Banda Sakti KotaLhokseumawe dalam pelajaranIlmu Pengetahuan Alam tema siklus air sebelu diberlakukan model kooperatif tipe picture and picture masih dikatakan rendah yakni siswa yang tuntas berjumlah orang atau persentase 12,8% yang tidak tuntas 24 orang atau persentase 89,6 % dengan nilai rata-rata 65,5. Kedua, Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya model kooperatif tipe picture and picture pada mata pelajaran IPA materi siklus air. Maka hasil belajar siswa yang diperoleh dari pretest sebesar 12,8% meningkat ke postest siklus I menjadi 55,6%. Sedangkan postest siklus II frekuesi ketuntasan sebesar 96,8 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe picture and picture pada mata pelajaran IPA materi siklus air dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Abdullah, Ma’ruf. Living in the World That Is Fit for Habitation : CCI’s Ecumenical and Religious Relationships. Aswaja Pressindo, 2015.

Amiruddin, Konsep pendidikan akhlak menurut Mahmud Yunus, (Lhokseumawe: Yayasan Madinah Al-Aziziyah, 2018), h. 67.

Abdullah, A. (2016). Sistem Pembelajaran dan Proses Evaluasi Ujian di LPI Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal Al-Fikrah, 5(2), 166-191.

Aliza, Fenny, Wahyu Widada, and Dewi Herawaty. ‘Proses Kognitif Siswa Dalam Memahami Matematika Berdasarkan Teori Perkembangan Skema Extended Level Triad ++ Selama Pembelajaran Berorientasi Etnomatematika’. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 04, no. 02 (2019): 145–52.

Chan, Faizhal, Agung Rimba Kurniawan, . Nurmaliza, Novia Herawati, Rendi Nur Efendi, and Jihan Sri Mulyani. ‘Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas Di Sekolah Dasar’. International Journal of Elementary Education 3, no. 4 (2019): 439. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21749.

Cut Eka Parasamya. ‘Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning’. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika 2 (1), no. 1 (2017): 42–49.

Halik, Al. ‘Jurnal Edusciense Jurnal Edusciense’. Jurnal Edusciense 8, no. 1 (2021): 1–11.

Loilatu, Siti Hajar, Suraya Mukadar, Kasmawati Kasmawati, and Vivi Rahim Hentihu. ‘Strategi Belajar Mengajar Dengan Menerapkan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Di SD Alhilaal Samalagi’. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 1, no. 2 (2021): 65–73. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i2.1036.

Soejoto, Ady, Dhiah Fitrayati, Muhammad Abdul Ghofur, Ni’matush Sholikhah, and Albrian Fiky Prakoso. ‘Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (Ptk)’. Jurnal ABDI 2, no. 2 (2017): 51. https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p51-59.

Suryana. ‘Metodologi Penelitian : Metodologi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif’. Universitas Pendidikan Indonesia, 2012, 1–243. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2.

Taufik, Mohammad, N S Sukmadinata, Ishak Abdulhak, and Bernard Y Tumbelaka. ‘Desain Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran IPA (Fisika) Sekolah Menengah Pertama Di Kota Bandung’. Berkala Fisika 13, no. 2 (2010): 31–44.

Wardana, Dendik Surya. ‘Motivasi Berprestasi Dengan Kinerja Guru Yang Sudah Disertifikasikan’. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan 01, no. 01 (2013): 98–109.

Wuryastuti, Sri. ‘Inovasi Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar’. Jurnal Pendidikan Dasar 9, no. April (2018): 13–19.

Muhammad Nurdin, & Amiruddin. (2019). Praktek Konselor dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Islami di MAS Kuta Makmur Aceh Utara. Jurnal Al-Fikrah, 8(1), 52-81.

M. Kom. I, F., & S.Pd.I., MA, A. (2018). Peranan Teungku Dalam Tradisi Kependidikan Islam Di Aceh. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4(1), 58-73.

Published

2023-12-31

How to Cite

Inda, I. ., & Saleh, M. (2023). Model Komunikasi Guru Dalam Mengajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Kooperatif Tipe Picture And Picture Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN 1 Banda Sakti Lhokseumawe Diera Covid-19. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 9(2), 154-164. https://doi.org/10.54621/jiat.v9i2.491