Analisa Kritis Terhadap Prinsip Dasar Evaluasi Dan Efektifitas Pencapaian Pelaksanaan Program Organisasi Pendidikan
Keywords:
Analisa Kritis, Prinsip Dasar Evaluasi, Efektifitas Pencapaian dan Organisasi PendidikanAbstract
Setiap kegiatan dan program kerja yang dilakukan berdasarkan sebuah rencana pastilah memiliki tujuan dan target tertentu, baik yang dilakukan oleh individu maupun organisasi. Karena itu, untuk mengukur tingkatan dan tahapan pelaksanaan sebuah program ataupun menilai tingkat keberhasilan nya diperlukan sebuah tindakan evaluasi. Pada sisi yang lain, evaluasi program merupakan intrumen, alat atau prosedur yang sangat diperlukan agar sebuah tujuan dan keberhasilan dapat diketahui secara terperinci. Dalam dunia pendidikan, evaluasi merupakan sebuah keniscayaan dan kewajiban yang harus dilaksanakan, agar proses, kemajuan, input dan hasil dapat diketahui secara pasti. Dan untuk melaksanakan sebuah tindakan evaluasi diperlukan adanya suatu perencanaan yang sistematis dan terorganisir serta mengikuti kaidah-kaidah tertentu sebagai basis teori. Terdapat banyak bentuk, model, pendekatan dan metode yang ditawarkan para pakar dalam merumuskan sebuah program evaluasi. Namun demikian, setiap teori dan konsepsi yang ditawarkan atau dipraktekkan selama ini pasti memiliki sisi kelebihan dan kekurangan tersendiri, terutama dari aspek konteks permasalahan dan lingkungan lembaga penddikan yang beragam. Oleh karena itu, kajian ini berusaha untuk menganalisa dan mengkritik secara medalam terhadap berbagai rujukan teori dan konsep material yang biasa diperkenalkan dalam mengevaluasi proses belajar mengajar dalam suatu institusi pendidikan. Dengan menggunakan pendekatan critical thinking methods, beberapa prinsip dasar dalam penyelenggaraan evaluasi akan ditelaah sisi kekuatan dan kelemahannya, namun dengan tetap memberikan solusi atau tawaran penyelesaian masalah. Kontribusi dan manfaat dari kajian ini diharapkan akan membuka wawasan para penyelenggara evaluasi program pendidikan dalam menentukan perencanaan yang strategis, sinergis, efektif dan berkelanjutan serta memberikan gambaran hasil yang sempurna dalam menyusun langkah tindak lanjut pada masa mendatang.
References
Anisaturrahmi, Evaluasi Program Pendidikan Non Formal Pada Rumoh Baca Hasan-Savvas di Kota Lhokseumawe, PIONIR: Jurnal Pendidikan, Vol 10 NO 2 2021 P-ISSN 2339-2495/ E-ISSN 2549-6611
Anita Baker with Beth Bruner, Bruner Foundation-Effectiveness Initiatives Bulletin, evaluative thinking, Key Concepts In Evaluation: What Everyone Must Know, 2003
Ano Suharna, Evaluasi Pendidikan dalam Perspektif Islam, Jurnal Qathruna, Vol. 3 No. 2 (Juli-Desember 2016)
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). Evaluasi program pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ashiong P. Munthe, Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan; Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat, Workshop Penelitian Metode Kuantitatif dan Kualitatif di Fakultas Ilmu Pendidikan UPH, Karawaci, 16 dan 23 Juni 2015.
Carol H. Weiss (1998), Evaluation: methods for studying programs and policies. 2nd edition, Prentice Hall, Englewood Cliffs, NJ
Daniel l. Stufflebeam (June 2002), CIPP Evaluation Model Checklist (A tool for applying the Fifth Installment of the CIPP Model to assess long-term enterprises).
Fitri Pertiwi & Uyu Wahyudin, CIPP Evaluation Model Framework for Evaluating “Maya Hasim” Training Program, Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 212. 2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018)
Harun Sitompul, Prof. Dr, Konsep Evaluasi Program Pembelajaran, Modul 1, TPEN4309
Leni Fitrianti, Prinsip Kontinuitas Dalam Evaluasi Proses Pembelajaran, Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan – Vol. 10, No. 1 (2018). ISSN: 2087-9490 (p); 2597-940X (o).
Mary Butera, Commission on Teacher Credentialing and Consultant in Teacher Preparation, Program Evaluation and Research, Bulletin (2007)
McCamara, Carter, A Basic Guide to Program Evaluation, LLC Consulting, 2002
McDavid, J. C. (2007), Key concepts and Issues in program Evaluation and Performance Measurement.
Metz , Allison J. R., Ph.D, Why Conduct a Program Evaluation? Five reasons why evaluation can help an out-of-school time program, 2007
Patton, M. Q. (1997). Utilization-focused evaluation: The new century text (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Putro, E.W. (2011). Evaluasi Program Pembelajaran; Panduan Praktis Bagi Pendidikandan Calon Pendidik. Yogyakarta: PustakaPelajar.
Scriven, M. (1967) The Methodology of Evaluation. In: Stake, R.E., Ed., Curriculum Evaluation, Rand McNally, American Educational Research Association, Chicago, 39-83.
Seth Aldrich, Ph.D, Program Evaluation Planning and Design: A Guide for Teacher Centers
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />