Upaya Menumbuhkan Minat Membaca Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas V SD Negeri 10 Samalanga
Keywords:
Minat, Membaca, MenulisAbstract
Sebagaimana kenyataan dilapangan bahwa masih sedikitnya siswa meluangkan waktunya untuk membaca. Bahkan di rumah mereka banyak meluangkan waktunya ke hal yang tidak bermanfaat seperti menonton TV, Film dan hiburan-hiburan yang tidak bermanfaat dari pada meluangkan waktunya untuk membaca. Tinggi rendahnya gemar membaca sangat mempengaruhi kemampuan menulis siswa karena dunia pendidikan yang efektivitas sekarang sangat ditentukan oleh siswa dengan aktivitas membaca. Maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya menumbuhkan minat membaca dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas V SD Negeri 10. Penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu pengumpulan data langsung di lapangan dengan cara mewawancarai, sedangkan proses pengumpulan data penulis melakukan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang guru lakukan dapat melatih dan mengenalkan siswa akan buku dan menciptakan minat membaca, meskipun masih perlu adanya peningkatan dan pengawasan lagi terhadap siswa yang kurang membaca dalam usaha-usaha yang dilakukannya, baik dalam hal internal (pihak guru itu sendiri) maupun eksternal (pihak sekolahan).
References
Abdurrahman Purwanto, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Ahmadi, Keterampilan Menulis, Malang: LPM IKIP MALANG, 2003.
Akhaidah dan H.Ridwan, Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia, Jakarta: Erlangga, 2007.
Amirul Hadi dan Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2005.
Arifin, E. Zaenal dan Amran Tasai, Cermat Berbahasa Indonesia Untuk Sekolah Menengah Pertama, Jakarta: Akademi Pressindo, 2008.
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1990.
Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Muhibbinsyah, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Ngalimun dan Noor Alfulaila, Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014.
Nurhadi, Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi, Yogyakarta: BPFE Yogyakarta, 2014.
Nurjamal, Terampil Berbahasa: Menyusun Karya Tulis Akademik, Memandu Acara (MC-Moderator), dan Menulis Surat, Bandung: Alfabeta, 2011.
Rahim, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />