Implementasi Manajemen Kurikulum Pada Program Unggulan Nonakademik di SMPTI Al-Hidayah Kutorejo Mojokerto

Authors

  • Rizki Nanda Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v9i1.560

Keywords:

Implementasi, Manajemen Kurikulum, Program Unggulan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen kurikulum pada program unggulan nonakademik di SMPTI Al-Hidayah Kutorejo Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan serta menggunakan teknik triangulasi sebagai pemeriksaan keabsahan data. Analisa data dilakukan dengan mengumpulkan semua data hasil wawancara, observasi peran dan dokumen. Hasil penelitian menyatakan: (1) Perencanaan kurikulum program unggulan disusun oleh tim pengembang kurikulum yang terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, koordinator program unggulan, dan guru. Langkah yang dilakukan adalah dengan menganalisis konteks dan kebutuhan serta mengidentifikasi standar nasional pendidikan; (2) Pengorganisasian kurikulum program unggulan dengan cara kepala sekolah memberdayakan waka kurikulum dan koordinator program unggulan untuk melakukan penjadwalan dan pembagian tugas; (3) Pelaksanaan kurikulum program unggulan dilakukan berdasarkan jadwal yang telah ditentukan terhadap pelaksanaan kurikulum pada program unggulan; (4) Pengawasan dan evaluasi kurikulum program unggulan dilakukan oleh kepala sekolah dibantu oleh waka kurikulum dan koordinator program unggulan. Evaluasi dilakukan dengan cara memeriksa dokumen kurikulum, wawancara, dan supervisi kelas yang dilakukan secara bertahap dalam per trimester, per semester dan di akhir tahun; (5) Pengembangan kurikulum dilaksana oleh tim pengembang kurikulum menurut hasil evaluasi dalam pelaksanaan pengembangan kurikulum.

References

Amin, M., Larasati, S. S., & Fathurrochman, I. Implementasi Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Di Smp Kreatif & Lsquo; Aisyiyah Rejang Lebong. Jurnal Literasiologi, 1, 1, 19, 2019.

Arikunto, S. Dasar – Dasar Research. Arsoto: Bandung, 1995.

Athoilah, M. A. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Pustaka Setia, 2010.

Denzin, N. K., & S. Lincoln (Eds.), Y. The Research Act: A Theoretical Introduction To Sociological Methods, . Terj. Dariyatno Dkk. Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 1970.

Hamdi, M. M. Evaluasi Kurikulum Pendidikan. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4, 1, 2020.

Idrus, A. Manajemen Pendidikan Global: Visi, Aksi Dan Adaptasi. Jakarta:Gaung Persada Press, 2009.

Lisaniyah, F. H. Manajemen Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja. Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 13, 2, 2019.

Noho, P. D. S. Evaluasi Program Unggulan Ekstrakurikuler Sanawiyah Negeri Kota Gorontalo. Skripsi, 1, 2018.

Pp 3 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Pp 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan | Jogloabang. (T.T.). Diambil 20, 2021.

Qomarudin, A. Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Melalui Program Unggulan. Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9, 2, 2020.

Rusman. Manajemen Kurikulum. Bandung: Raja Grafindo Persada. (H. 104). Diambil Dari Http://Www.Rajagrafindo.Co.Id/Produk/Manajemen-Kurikulum/, 2010.

Sanjaya, W. Kurikulum Dan Pembelajaran: Teori Dan Praktek Pengembangan Kurikulum Ktsp. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.

Siswanto, S., & Susanti, E. Manajemen Pengembangan Kurikulum Sekolah Inklusi. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3, 2, 2019.

Sudarsono. Upaya Manajerial Pengembangan Kurikulum Program Unggulan Di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal Of Islamic Education Studies), 4, 1, 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, (2009.

Usman, H. Sistem Manajemen Mutu Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 13, 1, 2016.

Widyastono, H. Pendayagunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dalam Pengembangan Pembelajaran Dan Manajemen Sekolah Rintisan Penerapan Kurikulum 2013. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 3, 2, 2015.

Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di Sma Korpri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan,6(11, 2016.

Published

2023-01-26

How to Cite

Nanda, R. (2023). Implementasi Manajemen Kurikulum Pada Program Unggulan Nonakademik di SMPTI Al-Hidayah Kutorejo Mojokerto. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 9(1), 11-24. https://doi.org/10.54621/jiat.v9i1.560