Atsaru A-Fardi Wa A-Mujtama’ fi Al- Lughah

Authors

  • Mira Ulfa Institut Agama Islam Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v9i1.584

Keywords:

Individu, Masyarakat, Bahasa

Abstract

Individu dan kelompok merupakan dua unsur yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Individu dikaitkan dengan kelompoknya, dan apa yang menjadi tradisi sudah semestlinya mengikuti kebiasaan kelompok. Bahasa adalah citra linguistik sempurna yang menjadi ciri khas sebuah keompok. Beberapa peneliti melihat bahwa bahasa berbeda dalam hal struktur, sistem, dan korespondensinya dengan kehidupan dan peristiwa menurut penutur masyarakat yang berbeda, sesuai  perilaku mereka. Bagi masyarakat, bahasa merupakan sarana sosial dan alat komukasi dan kerja sama yang digunakan masyarakat untuk mengkomunikasikan tujuan mereka, dalam khutbah, radio, puisi, artikel, salat dan doa. Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan vokal dalam beberapa aspeknya disebabkan oleh individu, Bahkan jika individu yang mengikutinya tidak ditentukan orang lain. Kajian ini merupakan kajian library research. Dalam penelitian ditemukan hal-hal sebagai berikut: Bahasa berbeda dalam hal struktur dan sistemlnya, dan korespondensinya dengan kehidupan dan peristiwa, menurut penutur atau penutur masyarakat yang berbeda, menurut sifat seksual mereka, dan tempat memiliki pengaruh pada bahasa. Ahli bahasa telah memperhatikan pengaruhnya pada bahasa juga, karena individu dipengaruhi oleh pengucapannya sesuai dengan usianya, dan transmisi bahasa dari generasi ke generasi meninggalkan dampaknya pada bunyi, kosa kata, sistem dan struktur bahasa. Bahasa dipengaruhi oleh sistem sosial yang menjadi dasar bangsa, sehingga menyandang ciri-ciri masyarakat dalam aspek politik, ekonomi, dan agama.

References

فندريس، اللغة، ترجمة عبد الحميد الدواخلي ومحمد القصاص، القاهرة، مكتبة الإنجلو المصرية، 1370 هـ - 1950 م

محمود السعران، اللغة والمجتمع رأي ومنهج، ط 2، بالإسكندرية، دار المعارف، 1963م

علي عبد الواحد وافي، علم اللغة، ط4، القاهرة، دار النهضة، 1973 م

عبد الغفار حامد هلال، اللغة بين الفرد والمجتمع، الطبعة الثالثة، 1409 هـ - 1989 م

https://mawdoo3.com/ما_معنى_اللغة

Holmes, J. (2013). An Introduction to Sociolinguistics. Routledge.

Trudgill, P. (2015). Sociolinguistics: An Introduction to Language and Society. Penguin. Wardhaugh, R. (2006). An Introduction to Sociolinguistics. John Wiley & Sons.

Published

2023-04-09

How to Cite

Ulfa, M. (2023). Atsaru A-Fardi Wa A-Mujtama’ fi Al- Lughah. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 9(1), 47-58. https://doi.org/10.54621/jiat.v9i1.584