Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa
(Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Kebangsaan Indonesia)
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiat.v9i1.587Keywords:
Online Games, Achievements, StudentsAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap prestasi belajar mahasiswa Universitas Islam Kebangsaan Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang mahasiswa aktif di Universitas Islam Kebangsaan Indonesia. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana karena bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Analisis data dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game online berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi mahasiswa Universitas Islam Kebangsaan Indonesia sebesar 43,8%, dan sisanya 56,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diperhitungkan dalam penelitian ini.
References
Abdullah, Amiruddin. 2023. “Inovasi Pendidikan.” edited by T. M. Emilza. Sumatera Barat: CV. Afasa Pustaka.
Anwar, N. R & Winingsih, E. 2020. Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Prestasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Banjar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Universitas Negeri Unesa.
Ariantoro, T. R. 2016. Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pelajar. JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas), 1(1). DOI 10.32767/jutim.v1i1.22
Cahyana, C., Rohaeti, E. E., & Suherman, M. M. 2020. Gambaran Siswa Sekolah Menengah Pertama Yang Mengalami Kecanduan Game Online. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(2).
Fajra, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. 2020. Model Pengembangan Kurikulum Sekolah Inklusi Berdasarkan Kebutuhan Perseorangan Mahasiswa Didik. Jurnal Pendidikan 21 (1). https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.7 46.2020
Haidar, W. H., & Antika, E. R. 2022. Prestasi Akademik Siswa Ditinjau Dari Kecanduan Bermain Game Online Mobile Legends. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(3), DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.538 72
Kautsar. 2019. Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Akademik Peserta Didik di MAN 3 Aceh Besar. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Kurniawan, D. E. 2017. Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Universitas Pgri Yogyakarta. Jurnal Konseling Gusjigang, 3(1). DOI:http://dx.doi.org/10.24176/jkg.v 3i1.1120
Nisrinafatin, N. 2020. Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1).
Nurbaiti, N., & Lhokweng, A. (2023). Social Education Seminar for PKH Beneficiary Families in Nisam Subdistrict, North Aceh:(Theme: The Role of PKH Beneficiary Mothers in Family and Social Life). Teumulong: Journal of Community Service, 1(1), 24-30.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, Penerbit. Alfabeta: Bandung.
Syahran, R. 2015. Ketergantungan Online Game dan Penanganannya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 1(1).
Yanti, S. F., Gimin, G., & Haryana, G. 2020. The Influence Of Online Game Playing On Student Learning Outcomes In Economic Study Class XI IPS SMA Negeri 8 Pekanbaru. JOM FKIP-UR, 7(2).
Zendrato, Y & Harefa, H. O.N. 2022. Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan. 1 (1).
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />