Peningkatan Keaktifan Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pembelajaran Bahasa Arab di Kuttab Al Firdaus Kota Lhokseumawe

Authors

  • Henny Henny Kuttab Al Firdaus Lhokseumawe
  • Yusnaini Institut Agama Islam Negri Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v9i2.648

Keywords:

Keaktifan, Model PembelajaranzIndex CardzMatch, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Proses pembelajaran merupakan aspek penting dalam mendapatkan hasil belajar yang efektif dan efisien, salah satunya dengan keterlibatan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Pada kelas II.C pembelajaran bahasa arab masih kurang menraik bagi siswa, hal ini dapat dilihat dengan banyak siswa yang kurang memperhatikan dalam kelas sehingga keaktifan mereka sangat kurang dalam kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan keaktifan siswa melalui model pembelajaran Index Card Match pada Pembelajaran Bahasa Arab di Kuttab Al Firdaus Kota Lhokseumawe?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab melalui menerapkan model pembelajaran Index Card Match. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam beberapa siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi yang dilaksanakan dengan tiga siklus. Penelitian ini dilakukan di Kuttab Al Firdaus dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas.II.C yang berjumlah 11 siswa pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Hasil. Penelitian..menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan kreatiativitas  siswa setelah menerapkan model pembelajaran Index Card Match. Pada siklus I terdapat 4 siswa yang memenuhi standar nilai KKM atau sekitar 36,4% dan tidak memiliki ketuntasan yaitu 7 orang dari 11 siswa atau sekitar 63,63% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81,85% atau setara dengan 9 orang siswa yang memiliki ketuntasan nilai KKM dari 11 siswa dan yang tidak lulus yaitu ada 2 orang atau setara dengan 18.18%.

References

Amiruddin, Barrulwalidin, Sarayulis, & Sitti Hajar. (2022). Manajemen Pengelolaan Kelas Dalam Pembinaan Karakter di SMA Negeri 1 Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Jurnal Seumubeuet, 1(1), 42-69. Retrieved from https://ejournal.iaialaziziyah.ac.id/index.php/yayasanmadinahjsmbt/article/view/406

Annisa, F., & Marlina, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu: Research dan learning in elemnetary Education, 3(4).

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Firman, F. 2009. Tanggung Jawab Profesi Guru Dalam Era Teknologi Informasi. Jurnal ilmiah ilmu pendidikan, IX(I).

Mayaningsih, N., & Hidayati, M, 2018. Bukan Kelas Biasa: Teori Dan Praktik Berbagai Model Dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran Di Kelas-Kelas Inspiratif. CV Kekata Group.

Ngurah, S., Suta, P., Zulaikha, S., Agung, I. G., & Negara, O. 2014. Index Card Match Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas pendidikan Ganesha E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Putra, A. K. (1999). Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanaya Siswa Dalam Belajar,0, 1-10.

Rahman, T. (2018). Model-Model Pembelajaran Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta CV. Pilar Nusantara.

Silberman, Melvin L. (2009). Active Learning: 101 cara Belajar Siswa Aktif ( Alih bahasa: Raisul Muttaqien). Rev.ed. Bandung: Nusamedia.

UU nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yuantika, D., & Harini, E. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan ke-SD-An, 4(2).

Published

2023-12-31

How to Cite

Henny, H., & Yusnaini. (2023). Peningkatan Keaktifan Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pembelajaran Bahasa Arab di Kuttab Al Firdaus Kota Lhokseumawe. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 9(2), 139-145. https://doi.org/10.54621/jiat.v9i2.648