Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Hikayat Akhbar Al-Karim

Authors

  • Zikra Zawiyati IAIN Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v10i1.651

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Materi, Hikayat, Akhbarul Karim

Abstract

Hikayat Akhbarul Karim patut dijadikan alternatif bagi pembelajaran materi PAI, karena isinya yang memang kaya akan nilai-nilai pendidikan agama Islam itu sendiri, ditulis dalam bentuk syair sehingga menarik untuk dibaca dan mudah dihafal. penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian pustaka/library research, dengan pendekatan deskriptif-analisis. Sumber data primer dari penelitian ini adalah Hikayat Akhbarul Karim. Sedangkan sumber data skundernya adalah segala jenis tulisan yang berkaitan dengan materi PAI. Metode pengumpulan datanya tentu menggunakan dokumentasi karena penelitian ini adalah penelitian pustaka. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah content-analisys. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hikayat Akhbarul Karim sebagai salah satu hasil tulisan ulama Aceh, teungku Syekh Seumatang, bisa digunakan sebagai bahan materi PAI bagi peserta didik di berbagai jenjang pendiidkan. Selain mempunyai beberapa kelebihan, Hikayat Akhbarul Karim yang mencakupi  isi pokok dari aqidah, fiqh, dan akhlak, yang relevam dengan materi PAI yang dikembangkan oleh pemerintah dalam meningkatkan kesadaran beragama peserta didik di Indonesia.

References

Aceh, D I, “Perkembangan Dan Pelestarian Manuskrip Arab Melayu Di Aceh,” Citra Lekha, 15.2 (2011), 19–30

Habiburrahman dan Suroso, Materi Pendidikan Agama Islam (Palembang: Feniks Muda Sejahtera, 2022)

Harahap, Radinal Mukhtar, “Pendidikan Karakter Di Lembaga Pendidikan Tinggi Dalam Pandangan Pendidikan Islam,” Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum dan Pendidikan, 06.1 (2021), 45–62 <http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/4197%0Ahttp://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/4197/3072>

Islam, Universitas, Negeri Ar-Raniry, dan Banda Aceh, “Nilai-nilai Pendidikan dalam Hikayat Akhbarul Karim dan Relevansinya dengan Kurikulum 2013 Muhibuddin Educational Values in the Story of Akhbarul Karim and Its Relevance with Curriculum 2013,” DAYAH: Journal of Islamic Education, 3.1 (2020), 27–47

Istiqamatunnisak, Istiqamatunnisak, “Pengaruh Bahasa Melayu terhadap Kesusastraan Aceh Ditinjau dari Naskah Akhbār al-Karīm,” Manuskripta, 2.1 (2012), 1–31

Muhibuddin, “Nilai-nilai Pendidikan dalam Hikayat Akhbarul Karim dan Relevansinya dengan Kurikulum 2013,” DAYAH: Journal of Islamic Education, 3 (2020), 26–47

Nurrizqi, Afida, Uin Sunan, dan Kalijaga Yogyakarta, “Karakteristik Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Prespektif Kebijakan Pendidikan,” Jurnal Pendidikan dan Sains, 3.1 (2021), 124–41 <https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang>

Tajuddin, Muhamad Saleh, “Dunia Islam dalam Lintasan Sejarah …,” Al-Fikr, 20.2 (2016), 345–58

Wahyudin Noor, Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam, 1 ed. (Bangka Belitung: Shiddiq Press, 2020)

Zakariyah, Zakariyah, Muhamad Arif, dan Nurotul Faidah, “Analisis Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Abad 21,” At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14.1 (2022), 1–13 <https://doi.org/10.47498/tadib.v14i1.964>

Published

2024-06-11

How to Cite

Zawiyati, Z. . (2024). Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Hikayat Akhbar Al-Karim. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 10(1), 10-18. https://doi.org/10.54621/jiat.v10i1.651