Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Ma’alim Irsyadiyah Li Shina’ah Thalib Al-‘Ilmi

Authors

  • Baihaqi IAIN Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v9i2.652

Keywords:

Nilai Pendidikan, Karakter, Kitab Ma’alim Irsyadiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ma’alim Irsyadiyah Li Shina’ah Thalib Al-‘Ilmi, sebuah karya tulis Syeikh Dr. Muhammad ‘Awwamah yang menjelaskan tentang panduan bagi penuntut ilmu dalam tradisi Islam. Penelitian ini focus pada identifikasi dan pemahaman nilai karakter yang diajarkan dalam kitab tersebut untuk membentuk individu yang berakhlak baik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan model studi literatur, dan menggunakan pendekatan deskriptif analistis, dengan mengacu pada teks kitab Ma’alim Irsyadiyah Li Shina’ah Thalib Al-‘Ilmi dan sumber terkait lainnya. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, dengan analisi isi (contents analysis) sebagai tehnik analisis data. Penelitian ini menunjukkan bahwa Kitab Ma'alim Irsyadiyah Li Shina'ah Thalib al-'Ilmi memiliki banyak nilai pendidikan karakter yang kaya dan relevan. Pendidikan karakter yang didasarkan pada ajaran Islam dalam kitab tersebut dapat memberikan landasan moral dan etika yang kokoh bagi individu.

References

‘Awwamah, M. (2013). Ma’alim Irsyadiyah li Shina’ah Thalib al-‘Ilmi. Dar al-Minhaj.

Bagus Mustakim. (2011). Membangun Pendidikan Karakter: Membangun Delapan Karakter Emas Menuju Indonesia Bermartabat. Penerbit samudra Biru.

Fadilah, D. (2021). Pendidikan Karakter. Cv. Agrapana Media.

Inswide. (2021). Wawasan Pendidikan Karakter. PT. Nasya Expanding Management.

Kemdikbud. (2019). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 8. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?wpdmpro=buku-konsep-dan-pedoman-ppk

Rija Efendi dan Asih Ria Ningsih. (2020). Pendidikan Karakter Di Sekolah (1 ed.). Penerbit Qiara Media.

Rusadi, B. E. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA As-Syafiiyah Medan. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(2), 248–260. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i2.28

Subiantoro, D. (2023). Pendidikan Karakter. PT. Sada Kurnia Pustaka.

Üniversitesi, A., Fakültesi, İ., & Türkiye, E. (2019). Muhammed Awwamah ` s Critical Edition of Tadreeb al-Rawi or Reconstruction of a Book باتك ءانب ةداع ا و أ يوارلا بيردتل ةماوع دمحم قيقتح Abdulvahap Özsoy Muhammed Avv âme ’ nin Tedribu ’ r -Râvî Tahkiki ya d a Bir Kitabın Yeniden İnşası. 2(July), 110–129.

Wahyuni, A. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER Membentuk Pribadi Positif dan Unggul di Sekolah. In Umsida Press.

Zainuddin, A. (2016). Identifikasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Pelajaran Agama Islam Sekolah Dasar. The Progressive and Fun Education Seminar, 234–240. http://hdl.handle.net/11617/7650

Published

2023-12-31

How to Cite

Baihaqi. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Ma’alim Irsyadiyah Li Shina’ah Thalib Al-‘Ilmi. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 9(2), 111-121. https://doi.org/10.54621/jiat.v9i2.652