Standar Manajemen Pelayanan Publik Di MAS Darul Falah Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara

Authors

  • Muhammad Nurdin Pengawas Madrasah Kabupaten Aceh Utara

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v7i1.93

Keywords:

Manajemen, Pelayanan Publik, MAS Darul Falah

Abstract

Lembaga pendidikan yang terbaik adalah lembaga pendidikan yang memberikan pelayanan ke pada publik sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang telah ditetapkan. Dalam memberikan pelayanan tentunya mempunyai sistem manajemen karena akan berdampak pada pelayanan terbaik dan akan membawa implikasi terhadap kepuasaan publik atas pelayanan yang diterima. Tidak bisa dipungkiri bahwa di MAS Darul Falah juga perlu diterapkan manajemen pelayanan yang terbaik dapat menimbulkan kepercayaan terhadap peserta didik dan masyarakat. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti tertarik mengkaji penerapan manajemen pelayanan publik di MAS Darul Falah tersebut. Hasil penelitiannya menunjukan bahwa standar manajemen pelayanan publik yang diterapkan di MAS tersebut sudah dapat dikatakan bagus, hal ini berdasarkan penerapan beberapa prinsip pelayanan publik yang telah dilakukan seperti sederhana, kosistensi, berkesinambungan dan keadilan. Demikian juga penerapan standar manajemen pelayanan yang meliputi dasar hukum pengoperasian  lembaga, sistem dan mekanisme, hasil pelayanan, kompetensi pendidik, pengawasan internal, keamanan dan evaluasi kinerja.

Published

2021-06-30 — Updated on 2021-09-02

Versions

How to Cite

Muhammad Nurdin. (2021). Standar Manajemen Pelayanan Publik Di MAS Darul Falah Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 7(1), 94-117. https://doi.org/10.54621/jiat.v7i1.93 (Original work published June 30, 2021)