Pembelajaran Bahasa Arab: Menyikapi Tantangan Bagi Mahasiswa Non-Madrasah

Authors

  • Siti Mutmainnah Panigoro IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Zohra Yasin IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Ratni Bt Hj. Bahri IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v11i1.959

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Arab, Tantangan, Mahasiswa Non Madrasah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa non-madrasah dalam pembelajaran Bahasa Arab, dengan menggunakan metode kajian pustaka. Dalam konteks global di mana Bahasa Arab semakin penting, pemahaman tentang pengalaman mahasiswa non-madrasah menjadi krusial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami hambatan linguistik, faktor psikologis, dan aspek sosial-budaya yang memengaruhi proses belajar mereka. Hambatan linguistik mencakup kesulitan dalam tata bahasa dan kosakata, sementara faktor psikologis mencakup kecemasan dan ketidakpercayaan diri. Selain itu, keterasingan sosial dan dukungan komunitas berperan penting dalam pengalaman belajar mereka.

Penelitian ini merekomendasikan pengembangan materi pembelajaran yang lebih relevan, penerapan metode pengajaran yang interaktif, dan dukungan psikologis yang berkelanjutan. Selain itu, pentingnya keterlibatan keluarga dan komunitas dalam proses pembelajaran juga ditekankan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan kurikulum dan praktik pengajaran Bahasa Arab yang lebih inklusif dan responsif terhadap kebutuhan mahasiswa non-madrasah. Penelitian ini juga membuka peluang untuk studi lebih lanjut mengenai pengaruh faktor budaya dalam pembelajaran Bahasa Arab.

References

Alfian, Muhammad Ivan, Nujumun Niswah, and Muhammad Zakki Masykur. “Kecemasan Berbahasa Untuk Ketrampilan Berbicara Bahasa Arab Pada Tingkatan Perguruan Tinggi.” Arabia 14, no. 1 (2022): 53. https://doi.org/10.21043/arabia.v14i1.14887.

Amalia, Salsabila, Jumadi, and Dwi Wahyu Candra Dewi. “Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa.” Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa 1, no. 4 (2023): 1–14. https://ejournal.warunayama.org/index.php/argopuro/article/view/1107.

Amar, Muhammad Fadali. “Peran Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pendidik Dalam Menumbuhkan Self-Efficacy.” Aafiyah: Jurnal Multidisiplin Ilmu 2, no. 1 (2024): 1–13. https://edujavare.com/index.php/Aafiyah/issue/archive.

Fakhrurrizi. “Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar.” Kontribusi Perguruan Tinggi Islam Swasta Terhadap Pengembangan Pendidikan Islam 1, no. September (2017): 166–87.

Farida Payon, Feni, Dyka Andrian, and Sasi Mardikarini. “Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas III SD.” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL 2, no. 02 (2021): 53–60. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.397.

Hasan, Laili Mas Ulliyah, Firdausi Nurharini, and Kunti Nadiyah Salma. “Peran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam Untuk Memperkuat Identitas Budaya Di Komunitas Lokal : Studi Di Desa Klatakan, Situbondo The Role of Arabic Language in Islamic Education to Strengthen Cultural Identity in Local Communities : A Study in Klatakan V.” Al-Ihsan : Jurnal Pengabdian Agama Islam 1, no. 1 (2024): 44–58. https://journal.uir.ac.id/index.php/al-ihsan/article/view/18243.

HASTANG, HASTANG. “Upaya Optimalisasi Maharah Kitabah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Al-Jumlah.” Didaktika 12, no. 1 (2019): 62. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.176.

Herpindo, Herpindo, Astuty Astuty, Mursia Ekawati, Gilang Fadhilia Arvianti, Miftahula Rizqin Nikmatullah, and Muhammad Nur Afiq. “Pembelajaran Dan Pengajaran Tata Bahasa Berdasarkan Korpus.” Risenologi 8, no. 2 (2023): 25–37. https://doi.org/10.47028/risenologi.v8i2.497.

Hilmi, Rafiqi Zul, Ratih Hurriyati, and Lisnawati. “POLITIK PENDIDIKAN BAHASA ARAB DI PERGURUAN TINGGI” 3, no. 2 (2018): 91–102.

“HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI MASA DEPAN.” Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya 05 (2024).

Ikhwan, Afiful. “Perguruan Tinggi Islam ﻝﻚ ﻩﻜﻋ ﻢﻠﺃ ﻙﺐﺭﺐ ﻑﻜﻪ ﻝﻜﻥﺃ ﻕﺣﻜﺍ ﻢﻠﺃ ﻝﻤﻜ ﻟﻪﺐﺘﻪ ﻩﺘﺣ ﻝﻤﺴﻓﻠﺃ ﻩﻓﻥ ﻕﺎﻓﻫﺍﻩﻓ ﺎﻠﺘﻪﺃ ﻝﻤﻪﺭﻠﺴ ﺩﻪﻤﺷ ﺊﺷ Jurnal I Lmu Tarbiyah ‘ At - Tajdid ’, Vol . 5 No . 2 , Juli 2016,” 2016, 159–87.

Irwansyah, Muh. “Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.” Jurnal Sosial Dan Teknologi 3, no. 90500120088 (2023): 77–96.

Jurnal, Web, Yusawinur Barella, Wahyudin Naro, Universitas Tanjungpura, and Uin Alauddin Makassar. “Indonesian Research Journal on Education Model-Model Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” Indonesian Research Journal on Education 4 (2024): 142–46.

Keilmuan, Jurnal, Bahasa Arab, Mirza Mahfud, Nurul Wahdah, Rahmadi Nirwanto, Farid Permana, and Iain Palangka Raya. “Al-Ittijah Anxiety Dan Difficulties Dalam Belajar Bahasa Arab Yang Dihadapi Oleh Mahasiswa Latar Belakang Sekolah Umum” 16, no. 2 (2024): 75–93. https://doi.org/10.32678/alittijah.v16i2.10026.

Manan, Abdul, and Ulyan Nasri. “Tantangan Dan Peluang Pendidikan Bahasa Arab: Perspektif Global.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9, no. 1 (2024): 256–65. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.2042.

Manoppo, Ningsih, and Muh Arif. “Assuthur: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab.” Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2, no. 1 (2023): 41.

Meiliyati, Ruhamauliyah. “Persepsi Mahasiswa Ekonomi Syariah Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.” Aphorisme: Journal of Arabic Language, Literature, and Education 3, no. 1 (2022): 36–51. https://doi.org/10.37680/aphorisme.v3i1.1185.

Nofriadi, Nofriadi, and Suharno Pawirosumanto. “Optimasi Pembelajaran: Strategi Meningkatkan Pemahaman Statistik Melalui Pemahaman Kecerdasan Emosi, Spiritual, Dan Intelektual Mahasiswa.” Jurnal Psikologi 1, no. 3 (2024): 13. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i3.2423.

Nurcaya, Nurcaya, Jumadi Jumadi, Ahmad Ghazali Samad, Muhlis Muhlis, Abdul Kadir, and Abdul Wahid. “Optimalisasi Pemakaian Bahasa Indonesia Dalam Karangan Narasi Siswa Di SMA 9 Wajo: Analisis Kesalahan Berbahasa.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra 9, no. 2 (2023): 1583–1600. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2808.

Pokhrel, Sakinah. “PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ILMU NAHWU MAHASISWAALUMNI MADRASAH DENGAN ALUMNI NON MADRASAH.” Αγαη 15, no. 1 (2024): 37–48.

Pramesti, Ardea, Ade Dwi, Juliani Ritonga, Muhammad Wildan, and Fikri Azkia. “Mengungkap Faktor Penghambat Dan Solusi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab Di SMP IT Al-Hijrah Kelas IX,” 2025.

Putra, Galih Sabarno, Iqbal Ilmi Maulana, Andre Dwi Chayo, Muhammad Ilham Haekal, and Reza Syaharani. “Pengukuran Efektivitas Platform E-Learning Dalam Pembelajaran Teknik Informatika Di Era Digital.” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi 3, no. 1 (2024): 19–29. https://doi.org/10.33050/mentari.v3i1.559.

Ridwan, Ahmad Ibnu, Akhmad Alim, and Abdul Hayyie Alkattini. “Pengembangan Maharotul Qiroah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Negeri 4 Bogor.” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 17, no. 1 (2024): 202–26. https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i1.15954.

Santoso, Joko. “Mengatasi Tantangan Keterlibatan Mahasiswa: Strategi Efektif Untuk Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Menarik.” Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang 14, no. 2 (2023): 469–78. https://doi.org/10.37304/jikt.v14i2.267.

Sobri, Ahmad, Salsabila Nasywa Syahvini, Rachma Fatihatul Rizqa, Salwa Padilah, Muhammad Rafif Athallah, and Nurul Fadila. “Perbedaan Penerjemahan Gramatikal Bahasa Arab Dan Bahasa Indonesia.” Jurnal Edukasi 1, no. 3 (2024): 316–24. https://doi.org/10.60132/edu.v1i3.184.

Sulaiman, Edy. “Membumikan Bahasa Arab Sejak Dini (Analisis Kesulitan Dan Tantangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Pemula).” Edu Journal Innovation in Learning and Education 1, no. 2 (2023): 142–51. https://doi.org/10.55352/edu.v1i2.761.

Syarifudin, Achmad. “Analisis Kebutuhan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah Palembang.” Disertasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2017, 1–29.

Ummah, Masfi Sya’fiatul. Mewujudkan Kemandirian Belajar. Sustainability (Switzerland). Vol. 11, 2019. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI.

———. Psikolog Pendidikan. Sustainability (Switzerland). Vol. 11, 2019. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI.

Wibowo, Safrudin Edi, Za Ashfiya, M I Pd, Devi Suci Windariyah, and M I Pd. ( Kajian Sosio-Linguistik Penggunaan Kosa Kata Bahasa Arab ). Vol. 521219, 2021.

Zaitun Qamariah. “Analisis Dinamika Kesetaraan Gender Dalam Pengajaran Bahasa Inggris.” JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora 3, no. 1 (2024): 202–20. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i1.1373.

Published

2025-06-30

How to Cite

Siti Mutmainnah Panigoro, Yasin, Z., & Bt Hj. Bahri, R. (2025). Pembelajaran Bahasa Arab: Menyikapi Tantangan Bagi Mahasiswa Non-Madrasah. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 11(1), 42-56. https://doi.org/10.54621/jiat.v11i1.959