Faktor Penghambat Pembelajaran Bahasa Arab DI MTsN 5 Bireuen
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiat.v7i1.96Keywords:
Penghambat, Pembelajaran, Bahasa ArabAbstract
Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang sangat mendukung terhadap penguasaan berbagai disiplin ilmu pengetahuan, namun demikian dalam proses pembelajaran bahasa Arab banyak ditemukan berbagai macam persoalan yang menjadi penghambat, baik yang dihadapi oleh pendidik maupun yang dihadapi oleh peserta didik itu sendiri. Maka berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut penulis tertarik untuk mengkaji tentang faktor penghambat pembelajaran bahasa Arab di MTsN 5 Bireuen. Berdasarkan hasil kajian dapat disimpulkan faktor penghambat pembelajaran bahasa Arab di MTsN 5 Bireuen antara lain factor tingkat motivasi dan minat belajar siswa yang masih rendah, faktor keterbatasan media pembelajaran yang tersedia, factor keterbatasan waktu untuk pembelajaran, dan faktor latar belakang pendidikan siswa yang tidak mendukung pembelajaran bahasa Arab. Namun demikian strategi dalam mengatasi permasalahan pembelajaran bahasa Arab di MTsN 5 Bireuen kiranya guru harus memberikan motivasi yang kuat terhadap siswa, guru pendidik harus kreatif dan terampil dengan adanya semacam pelatihan atau bimbingan tentang teknis cepat menguasai bahasa Arab.
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />