Relevansi Tradisi Pondok Pesantren Dalam Membentuk Sikap Ta’dzim Santri di Pondok Pesantren Dar El-Himkah Kota Pekanbaru

Authors

  • Musaddad Harahap Universitas Islam Riau
  • Mawardi Ahmad Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v6i2.184

Keywords:

Tradisi Pondok Pesantren, Santri, Sikap Ta’dzim

Abstract

Masalah dalam penelitian ini berawal dari pengamatan dari fenomena lingkungan pendidikan pondok pesantren yang mana santrinya masih sangat menghormati gurunya dengan kata lain sikap ta’dzim terhadap guru masih tetap terpelihara. Hal ini berbeda dengan beberapa lembaga pendidikan lainnya di Indonesia. Rumusan masalah penelitian apakah ada pengaruh tradisi pondok pesantren terhadap sikap ta’dzim santri. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, instrument pengumpulan datanya adalah angket. Sendangkan analisis data yang digunakan metode regresi linier sederhana. Adapun hasil penelitian ini adalah jika tradisi pondok pesantren tidak ada, maka sikap ta’dzim santri di Dar El-Hikmah memiliki nilai konsisten sebesar 19.684. Setiap ada penambahan 1% pada tradisi pondok pesantren, maka santri akan memiliki sikap ta’dzim sebesar 0.712. Sementara pengaruh tradisi pondok pesantren terhadap sikap ta’dzim santri ditemukan pengaruh yang positif. Sedangkan hasil olahan data pada uji hipotesis, ditemukan nilai signifikansi sebesar 0.000, ini artinya nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari nilai probabilitas 0.05 (0.00<0.05). Jadi data ini memberikan petunjuk, bahwa di pondok pesantren Dar El-Hikmah Kota Pekanbaru tradisi pondok pesatren memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap ta’dzim santri. Dengan demikian hipotesis penelitian ini dapat diterima dengan meyakinkan.

References

Al Zarnuji, B.A. (T.Th). Ta’lim al Muta’allim (dalam Syarh Syaikh Ibrahim Bin Isma’il), Semarang: PT. Toha Putra.

Al-Muhasibi, I. A. (2010). Risâlatul Mustarsyidin (tuntunan bagi para pencari petunjuk), Terj. Abdul Aziz, Jakarta: Qisthi Press.

Amin, A. R. (2015). Pengembangan Pendidikan Agama Islam, Yokyakarta: LKiS.

Arifin, M. (1997). Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum, Jakarta: Bumi Aksara.

Daulay, Haidar Putra. (2001). Historisitas dan Eksistensi Pesantren dan Madrasah, Yogyakarta: Tiara Wacana.

Dhofier, Z. (1981). Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kiyai, Jakarta: LP3ES.

Hidayat, K. (1994). Evaluasi Pendidikan dan Penerapannya dalam Pengajaran Bahasa Indonesia, Bandung: Alfabet.

Indra, H. (2018). Pendidikan Pesantren dan Perkembangan Sosial Kemasyarakatan (Studi Pemikiran K.H. Abdullah Syafi'i, Yokyakarta: Deepublish.

Junaidi. M. (2017). Pradigma Baru Filsafat Pendidikan, Depok: Kencana.

Manado.kompas.com, 22 Oktober 2019.

Munawwir, A. W. (1997). Kamus Al-Munawwir, Surabaya: PT. Pustaka Progressif.

Murni, tribun news Aceh, Aceh: 27 Oktober 2019.

Nashihin, H. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren, Semarang: Pilar Nusantara.

Nasional. Departemen Pendidikan. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa.

Nata, A. (2012). Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Ramdhani, K., & Waluyo, K. E. (2019). Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Internalisasi Karakter Di Pondok Pesantren Nihayatul Amal Rawamerta Karawang. Jurnal Hadratul Madaniyah, 6(2), 1-15.

Singarimbun, Masri. dan Effendi, S. (ed). (1989). Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugono, D. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa.

Takdir, M. (2018). Modernisasi Kurikulum Pesantren, Yogyakarta: IRCiSoD.

Tarmizi. (2021). Metode Kedisiplinan Santri Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Dayah Jami’ah Al-Aziziyah (DJA) Batee Iliek Samalanga. Jurnal At-Tarbiyah, 6(1), 165-184.

Tohardi, A. (2019). Buku Ajar Pengantar Metodologi Penelitian Sosial + Plus. Pontianak: Tanjungpura University Press.

Wahjoetomo. (1997). Perguruan Tinggi Pesantren, Pendidikan Alternatif Masa Depan, Jakarta: Gema Insani Press.

Waluyo, A., & Sani, M. R. (2019). Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta’lim Muta’allim Az-Zarnuji Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Akhlak Di Indonesia. Jurnal Tawadhu, 3(2), 874-882.

Zuhriy, M. S. (2011). Budaya Pesantren Dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf, Jurnal Walisongo; Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol 19 No 2, h. 306-307.

Published

2022-01-05

How to Cite

Musaddad Harahap, & Ahmad, M. (2022). Relevansi Tradisi Pondok Pesantren Dalam Membentuk Sikap Ta’dzim Santri di Pondok Pesantren Dar El-Himkah Kota Pekanbaru. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(2). https://doi.org/10.54621/jiat.v6i2.184