Transformasi Pendidikan Dayah Dalam Menghadapi Dinamika Era Globalisasi
Analisis LPI MUDI Mesjid Raya Samalanga
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiat.v10i2.961Keywords:
Aspek Transformatif, Institusi Pendidikan Dayah , Era GlobalisasiAbstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era globalisasi sekarang ini telah berdampak pada lahirnya proses transformasi dalam dunia pendidikan Islam, termasuk ke dalam institusi pendidikan dayah di Aceh. Terjadinya transformasi dalam proses belajar mengajar di dayah tersebut merupakan suatu pencapaian yang bernilai positif. Penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan lapangan (fieldwork) dengan fokus pada Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga. Data dan informasi penelitian ini diperoleh melalui sesi wawancara, dokumentasi dan observasi langsung. LPI ini dipilih karena merupakan dayah terbesar di Aceh saat ini baik dari segi jumlah pelajarnya, jumlah guru dan fasilitas pendukung lainnya. Di samping memiliki peran yang sangat besar dalam mewarnai dinamika sosial keagamaan di Aceh sebagai bentuk kontribusinya dalam pembangunan Aceh, terutama pembangunan bidang pendidikan Islam yang berorientasi pada penguatan pelaksanaan Syariat Islam di Aceh. Studi ini bertujuan untuk menganalisis aspek-aspek transformasi pendidikan di Dayah MUDI sebagai representasi dayah Aceh yang paling sentral menjadi patokan publik. Hasil dari studi ini, terdapat enam aspek perubahan yang terjadi; aspek manajemen kepemimpinan dan struktur kelembagaan, aspek sistem dan metode pendidikan, aspek kurikulum dan bahan ajar, aspek metode pembelajaran, aspek pembangunan infrastruktur dan aspek kontribusi sosial dan partisipasi komunitas. Kajian ini telah memperlihatkan bahwa proses transformasi pendidikan dayah merupakan langkah strategis untuk menjaga keberlanjutan dan relevansinya di tengah perubahan zaman.
Kata Kunci : Aspek Transformatif; Institusi Pendidikan Dayah; Era Globalisasi
References
A. Malik M. Thaha Tuanaya, dkk. 2007. Modernisasi Pesantren.Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta.
Ainurrafiq Dawam dan Ahmad Ta’arifin, (2021). Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren, 2021, hal 18.
Alawiyah, T. ., Handayani, F. ., R Rossa, A. T. ., Syaefuridjal, A. ., & Gaffar, A. . (2023). Management of Transformational Leadership in Improving the Quality of Student Learning at Islamic Boarding Schools. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 9(01), 27–36. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v9i01.7254
Ali, M. (2016). Kontribusi sosiologi dalam pengembangan pendidikan islam. Suhuf, 28(1), 1-12.
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konteksual. Prenada Media.
Alqudsi, Z., Anif, S., Fathoni, A., Muhibbin, A., & Haryanto, S. (2024). Transformational Leadership Of Pesantren Tahfizd Darul Quran Surakarta Leaders In Strengthening The Religious Character Of Santriwati. Aqlam: Journal Of Islam And Plurality. Https://Doi.Org/10.30984/Ajip.V8i2.2859.
Andhika Jaya Putra (2021), Transformasi Pendidikan Dayah Pasca MOU Helsinky (Suatu Kajian Kebijakan Restoratif), Disertasi Pasca Sarjana UIN Ar-Raniry, Banda Aceh tahun 2021
Baltaru, R. D., & Soysal, Y. N. (2018). Administrators in higher education: organizational expansion in a transforming institution. Higher Education, 76(2), 213-229.
Barrulwalidin (2017), Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren Di Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga, Thesis Program Studi S2 Pendidikan Islam Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan 2017
Binti Nasukah, Endah Winarti, (2021). Teori Transformasi dan Implikasinya pada Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam, Southeast Asian Journal of Islamic Education Management Vol. 2 No. 2 (2021),pp177-190
Binti Nasukah, Endah Winarti, Teori Transformasi dan Implikasinya pada Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam, Southeast Asian Journal of Islamic Education Management Vol. 2 No. 2 (2021),pp177-190 sebagaimana dikutip dari Mezirow, Jack. “Contemporary Paradigms of Learning.” Adult Education Quarterly 46, no. 3 (1996): 158–72.
Dewi Shara Dalimunthe, Isda Pohan, (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat Nilai-nilai Spiritual, Etika, dan Pemahaman Keislaman dalam Konteks Modern, AL-MURABBI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1, No. 1 Tahun 2023.
Dimas Agung Trisliatanto, (2020). Metedologi Penelitian (Panduan lengkap penelitian dengan mudah), (Yogyakarta: CV. Andi Offset ), hlm.213
Enhas, M. I. G., Zahara, A. N., & Basri, B. (2023). Sejarah, Transformasi, dan Adaptasi Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 13(3), 289-310.
Erawadi, E., & Setiadi, F. M. (2024). Transformation of Traditional Islamic Education: Dayah as a Modern Educational Institution in Post-Conflict Aceh. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(2), 225-246.
Ernita Dewi. (2012). Transformasi Sosial Dan Nilai Agama. Jurnal Ilmu-Ilmu Usuluddin Dan Filsafat, 128, 112–121
Fahmi Karimuddin (2017), Pemikiran Prof. H. Hasbi Amiruddin, MA Tentang Dayah Sebagai Lembaga Pendidikan Agama Islam Masyarakat Aceh, Jurnal At-Tarbiyyah Edisi. III Vo. 3 Tahun 2017.
Fahmi, Z. (2024). Transformasi Yayasan Pendidikan Islam Al-Aziziyah (YPIA): Dari Pendekatan Religius-Konservatif ke Konsep Religius-Rasional-Sosiologis di Era Modern. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 10(1), 65-76.
Fajarani, R., & Khanafi, A. F. (2021). Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(07), 1233-1241.
Fatma Khanim Bunyatova, Yulia Kerimova (2019). Transformation of education system supported by the government, Journal of Preschool and Primary Education, 4, 2019
Harmita, D., Sofiana, F., & Amin, A. (2022). Inovasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2195-2204.
Harun Nasution dan Azyumardi Azra, (1996). Perkembangan Modern Dalam Islam, (Jakarta: Yayasan Obor), h.1
Husni Rahim, (2001). Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu), hal 33.
Irawan, M. N. L., Yasir, A., Anita, A., & Hasan, S. (2022). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menjawab Tantangan Pendidikan Kontemporer. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4273-4280.
Irfana, M. S. ., Usman, I. ., & Herachwati, N. . (2023). The Integrated Pathway: A Novel Educational Model for Islamic Boarding Schools in Indonesia . Migration Letters, 20(5), 552–567. https://doi.org/10.59670/ml.v20i5.3999
Irsan Adrianda, Mutia Tisa, (2022). Dilema Kultur Dayah Tradisional Di Aceh Menghadapi Transformasi Era Media Digital, Jurnal Bayan Lin Naas, Vol. 6, No. 2
Lamuri, A. B., & Laki, R. (2022). Transformasi pendidikan dalam pengembangan sumber daya manusia yang berkarakter di era disrupsi. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 21-30.
Leal Filho, W., Vargas, V. R., Salvia, A. L., Brandli, L. L., Pallant, E., Klavins, M., ... & Vaccari, M. (2019). The role of higher education institutions in sustainability initiatives at the local level. Journal of cleaner production, 233, 1004-1015.
Merriam-Webster,"Transform | Definition of Transform by Merriam-Webster," accessed Dec 02, 2023, https://www.merriam-webster.com/dictionary/transform.
Muhibuddin, M. A., & Fatimahsyam, S. E. (2019). Pendidikan Keulamaan Perempuan Pada Dayah Manyang (Mahad Aly) Di Aceh.
Muhibuddin, M. (2024). Sejarah Perkembangan Dayah MUDI Mesjid Raya Dari Masa Abi Hanafiah Hingga Ke Masa Abu MUDI. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 10(1), 40-55.
Mukhlisuddin Ilyas, (2014). “Problema Manajemen Pendidikan Dayah di Aceh”, dalam Jurnal Transformasi Administrasi, Vol. 4 No. 2 Tahun 2014, hlm. 748
Munir, F. (2016). Pendidikan Rangkang Sebagai Media Pendidikan Syari‟At Islam Di Aceh. Al-Ijtimai: International Journal Of Government And…, 1–25.
Moleong, L. J. (2006). A. Metode Penelitian.
Nasir, M. (2017). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 5(2).
Rahmat Hidayat (2015) Tantangan Dan Peluang Pendidikan Islam di Era Global Villlage, Tadbir - Jurnal Alumni Manajemen Pendidikan Islam Volume 01 Nomor 01 Juli-Desember 2015 Halaman 17-33 ISSN 2460-3678 pg 89.
Razali, R., & Asrul, A. (2024). Landasan dan Fondasi Dasar Tatakelola Pendidikan Islam Dalam Analisis Aspek-Aspek Filosofis. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 60-72.
R. Razali, (2019). Peran Strategis Majlis Pengajian dan Zikir TASTAFI dalam Penguatan Pendidikan Islam dan Pembinaan Ummat di Aceh. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(1), 20-35.
Saifuddin, (2023). Inovasi Pendekatan Holistik dalam Transformasi Pendidikan Dayah Masa Depan, Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, VOL: 12/NO: 03 Agustus 2023.
Seyyed Hossein Nasr,(1981). Knowledge and The Sacred (Albany: State University of New York Press, 1981), hal 53
Silahuddin, S. (2015). Transformasi Budaya Pendidikan Dayah di Aceh. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 5(2), 377-416.
Syadidul Kahar, (2021). Sistem Pendidikan Dayah Dalam Membangun Karakter Santri, Continuous Education : Journal of Science and Research Volume 2, Issue 1, March 2021
Widyastono, H. (2012). Muatan pendidikan holistik dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 18(4), 467-476.
Yandianto, (1997). Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Bandung: Percetakan Bandung), hal 208.
Zamroni, M. A. (2024). Dayah Mudi Mesra Samalanga Bireuen Education Management. Wasatha: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 2(1), 15-32.
Zulfikar, A. Y. (2022). Transformasi Sosial dan Perubahan Dayah di Aceh. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />