Interseksi Ilmu: Pendekatan Interdisipliner Dalam Memahami Islam

Authors

  • Akmal Pontoh Pontoh IAIN Gorontalo
  • Muh Arif

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v11i1.965

Keywords:

Interdisciplinary, Integration of Science and Religion, Application of Islamic Teachings

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi interaksi antara ilmu pengetahuan dan ajaran Islam melalui pendekatan interdisipliner. Dengan mengidentifikasi tantangan dan peluang yang dihadapi oleh mahasiswa dan akademisi, penelitian ini berupaya memberikan wawasan yang lebih dalam mengenai bagaimana nilai-nilai keagamaan dapat diintegrasikan dalam konteks pendidikan formal. Selain itu, penelitian ini juga ingin menyoroti pentingnya dialog antar disiplin ilmu dalam memperkaya pemahaman tentang ajaran Islam, serta implikasinya terhadap praktik sehari-hari individu.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologis. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan diskusi kelompok terfokus yang melibatkan mahasiswa, akademisi, dan anggota masyarakat. Teknik analisis data dilakukan secara tematik, di mana peneliti mengidentifikasi pola dan tema yang muncul dari pengalaman responden. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang hubungan antara ilmu dan agama, serta tantangan yang dihadapi dalam upaya integrasi keduanya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan signifikan antara kurikulum akademik dan nilai-nilai Islam, di mana 65% responden merasa kurikulum yang ada kurang mengakomodasi kebutuhan spiritual mereka. Selain itu, sekitar 80% responden menekankan pentingnya dialog interdisipliner dalam memperkaya pemahaman tentang ajaran Islam. Temuan ini juga mengungkapkan bahwa penerapan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari sangat relevan, dengan 90% responden menyatakan bahwa mereka dapat menerapkan prinsip-prinsip agama dalam konteks modern. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi ilmu pengetahuan dan ajaran Islam melalui pendekatan interdisipliner dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan praktik keagamaan di kalangan individu.

References

Saputra, Junifer, and Radhiatul Hasnah, ‘Transisi Peradaban : Kajian Kualitatif Tentang Stagnasi Intelektual Islam Dan Renaisans Barat’, 2.1 (2025)https://doi.org/10.32714/ricl.12.01.09

Al-Attas, S. M. N. (1993). Islam and secularism. International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC).

Asad, M. (2003). Islam at the crossroads. The Other Press.

Esposito, J. L. (2011). What everyone needs to know about Islam (2nd ed.). Oxford University Press.

Hashim, R. (2016). Interdisciplinary approaches in Islamic studies: Challenges and prospects. Journal of Islam in Asia, 13(1), 1-20.

Rahman, F. (1982). Islam & modernity: Transformation of an intellectual tradition. University of Chicago Press.

Sardar, Z. (2010). Reading the Qur'an: The contemporary relevance of the sacred text of Islam. Oxford University Press.

Stenberg, L. (1996). The Islamization of science: Four Muslim positions developing an Islamic modernity. Lund University Press.

Wan Daud, W. M. N. (1998). The educational philosophy and practice of Syed Muhammad Naquib al-Attas. International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC).

Yusuf, I. (2019). Interdisciplinary methods in the study of Islam and Muslim societies. American Journal of Islamic Social Sciences, 36(3), 45-67.

Abaza, M. (2011). Islamic studies and the critique of modernity: Towards a cross-disciplinary approach. Journal of Southeast Asian Studies, 42(2), 321-345.

Campanini, M. (2018). The Qur’an and modern science: An interdisciplinary approach. Routledge.

Ibrahim, A. (2020). Bridging the gap: Integrating Islamic theology and social sciences. International Journal of Islamic Thought, 17(1), 78-92.

Moosa, E. (2005). Ghazālī and the poetics of imagination. University of North Carolina Press.

Saeed, A. (2008). The Qur’an: An introduction. Routledge.

Winter, T. J. (Ed.). (2016). The Cambridge companion to classical Islamic theology. Cambridge University Press.

Published

2025-07-01

How to Cite

Pontoh, A. P., & Muh Arif. (2025). Interseksi Ilmu: Pendekatan Interdisipliner Dalam Memahami Islam. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 11(1), 25-33. https://doi.org/10.54621/jiat.v11i1.965