Metode Kedisiplinan Santri Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Dayah Jami’ah Al-Aziziyah (DJA) Batee Iliek Samalanga

Authors

  • Tarmizi Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v7i1.97

Keywords:

Implementasi, Kedisiplinan, Motivasi

Abstract

Kehidupan dalam proses belajar mengajar di dayah tidak lepas dari perhatian guru dan  orang yang bersangkutan, oleh karena itu, pada dasarnya perhatian merupakan faktor yang paling penting dalam pembelajaran. Kunci penentu “perhatian santri” salah satunya adalah menerapkan kedisiplinan  supaya  si  anak  termotivasi dan  menghasilkan  prestasi  belajar yang   bagus. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa metode mengimplementasikan kedisplinan yaitu: pertama, guru atau dayah mengatur,  membuat  dan  melakukan sosialisasi  implementasi  tata  tertib  guru, santri dan wali dengan cara diadakannya rapat pada setiap semester, kedua, mengadakan kegiatan perlombaan antar kelas setiap akhir semester. Faktor pendukungnya antara lain: pertama, adanya dukungan moril dari guru dan wali santri. kedua, adanya surat pernyataan bermaterai antara pihak dayah dengan santri mengetahui wali, dan ketiga adanya kesadaran serta kemauan  diri  yang kuat   dari santri. Adapun faktor penghambatnya : pertama, santri terlalu terikat dengan padatnya kegiatan dayah. Kedua,  waktu yang tersedia untuk kepentingan dayah lebih sedikit, dan ketiga santri yang sakit masih belum bisa tertangani dengan cepat oleh dayah.

Published

2021-06-30

How to Cite

Tarmizi. (2021). Metode Kedisiplinan Santri Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Dayah Jami’ah Al-Aziziyah (DJA) Batee Iliek Samalanga. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 7(1), 165-184. https://doi.org/10.54621/jiat.v7i1.97