Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 5 Bireuen
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiat.v6i1.174Abstract
Kemajuan pembangunan suatu bangsa ditentukan oleh sumber daya manusia. Pendidikan merupakan faktor utama penentu keberhasilan suatu negara. Dalam lembaga pendidikan kepala sekolah sebagai manajer harus memiliki kemampuan manajerial yang mumpuni dan mampu melakukan inovasi dalam mengelola sekolah. Salah satu pendekatan yang bisa dilakukan adalah dengan memaksimalkan implementasi fungsi-fungsi manajemen. Dengan pemanfaatan tata kelola secara maksimal, prestasi belajar siswa diharapkan juga bisa meningkat. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Bireuen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan kendala proses manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 5 Bireuen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pelaksanaan fungsi manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 5 Bireuen adalah menggunakan planning, organizing, actuating, controlling (POAC). Perencanan yang dibuat (planning) yang dibuat kepala sekolah di bagi menjadi dua, yaitu: perencanaan kegiatan pembelajaran bagi peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler. Pengorganisasian dilakukan oleh kepala sekolah adalah meciptakan semua stakeholders menjadi satu wadah yang baik. Pelaksanaan dilakukan dengan membentuk kerja sama yang baik di antara semua elemen yang terlibat dalam proses pendidikan. Pengawasan dilakukan dengan memantau langsung seluruh kegiatan pembelajaran yang terjadi di lingkungan sekolah, dengan tujuan untuk mengevaluasi dan menilai dari seluruh program yang dilaksanakan.
References
Jejen Musfah, Manajemen Pendidikan: Teori, Kebijakan dan Praktik, Jakarta: Prenadamedia, 2015
Khaerul Umam, Manajemen Organisasi, Bandung: Pustaka Setia 2012
Manullang, Dasar-Dasar Manajemen, Jakarta: Pustaka Media, 2013
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali Pers, 2009
Sebastian, dkk, Manajemen Strategi Keorganisasian Publik, Bandung: Refika Aditama, 2012
Sudarwan Danim, Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Jakrta: Rineka Cipta, 2013
Suparlan, Manajemen Berbasis Sekolah Dari Teori Sampai Dengan Praktik, Jakarta: Bumi Aksara, 2013
Tobroni, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Yogyakarta: AR- Ruzz Media, 2014
Published
Versions
- 2020-06-30 (2)
- 2020-12-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />