Upaya Meningkatkan kemampuan menulis surat Pribadi Melalui Teknik Pelatihan Pada Siswa Kelas VII/3 Semester Ganjil Di MTSN Jeunieb Tahun Pelajaran 2014/2015

Authors

  • Rita Rahmi MTSN 8 Bireuen

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v4i2.190

Keywords:

Teknik Pelatihan, Surat Pribadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas VII/3 MTsN Jeunieb. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pelatihan dengan metode penelitian tindakan kelas melalui refleksi diri yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik pelatihan dapat meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas VII/3 MTsN Jeunieb, hal tersebut terbukti dengan meningkatnya hasil belajar di setiap siklus yaitu kemampuan awal siswa dalam menulis surat pribadi diperoleh rata-rata nilai 56,43 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan menggunakan teknik pelatihan diperoleh rata-rata nilai kemampuan menulis surat pribadi pada Siklus I sebesar 67,00 dengan kategori cukup, atau meningkat sebesar 10,57 (18,73%) dari Prasiklus. Sedangkan kemampuan menulis surat pribadi pada siklus dua diperoleh nilai rata-rata 78,67 dengan kategori baik atau mengalami peningkatan 11,67 (17,41%). Setiap tindakan terjadi peningkatan di antaranya ketuntasan belajar pada pra siklus sebanyak 2 siswa (6,66%)dan pada siklus I ketuntasan siswa sebanyak 15 (50%), dan 25 siswa (83,33%) pada siklus II.

References

Akhadiah, Sabarti . 2003. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs. Jakarta : Depdiknas.

Kusuma, Wijaya. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indek.

Purwo, Bambang Kaswanti. 1997. Pokok-Pokok Pengajaran Bahasa dan Kurikulum 1994: Bahasa Indonesia. Jakarta : Depdikbud.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Widyamartaya, A. 1991. Kreatif Mengarang.Yogyakarta: Kanesius

Published

2018-12-30

How to Cite

Rita Rahmi. (2018). Upaya Meningkatkan kemampuan menulis surat Pribadi Melalui Teknik Pelatihan Pada Siswa Kelas VII/3 Semester Ganjil Di MTSN Jeunieb Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4(2), 108-118. https://doi.org/10.54621/jiat.v4i2.190