Penerapan Thariqah Mubasyarah Dalam Pengajaran Mufradat Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bireuen
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiat.v6i1.166Keywords:
Tharīqah, Mubāsyarah, Pengajaran, MufradātAbstract
Bahasa Arab merupakan bahasa yang penting bagi umat Islam karena bahasa Arab digunakan untuk mempelajari dan memahami sumber ajaran Islam yang berupa Al Qur’an dan As Sunnah. Dalam pembelajaran bahasa Arab terdapat empat keterampilan dasar dalam Berbahasa yaitu keterampilan Istima’(menyimak), Keterampilan Kalam (Berbicara), Keterampilan Kitabah (menulis), dan keterampilan Qira’ah (membaca). Metode Tharīqah Mubāsyarah adalah suatu metode pembelajaran bahasa Arab yang melatih siswa untuk praktek langsung mengucapkan kata-kata atau kalimat tertentu meskipun kalimat tersebut masih asing dan belum dipahami oleh siswa, Kurangnya minat belajar siswa dan kurangnya kreatifitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran menjadi salah satu faktor pengunaan metode ini. Penelitian ini untuk melihat Langkah-langkah pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan tharīqah mubāsyarah di MAN 1 Bireuen, Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan fenomenologis. Langkah-langkah pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan tharīqah mubāsyarah, yaitu: memilih topik yang sesuai dengan taraf kemampuan peserta didik. Kemudian guru mengucapkan mufradāt atau kalimat yang sesuai dengan tingkat kemampuan anak didik dengan menggunakan alat peraga bila diperlukan.
References
Effendy, A. F. (2004). Metodelogi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Hamid, A. (2008). Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan Metode. Malang: UIN Malang Press.
Izzan, A. (2009). Metodelogi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.
Mahyudin, A. F. (2009). Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Cetakan Pertama.
Malibary, A. (2011). Pedoman Pengajaran Bahasa Arab. Jakarta: Perguruan Tinggi Agama Islam IAIN.
Moloeng, L. J. (2005). Metode penelitian kualitatif (1 ed.). Bandung: Rosda Karya.
Muhammad. (2002). Metode Khusus Pengajaran Bahasa Arab. Surabaya: Al-ikhlas.
Munawir, I. S. (2000). Tata Bahasa Arab Sistematis. Yogyakarta: Nusantara Aksara Group.
Nuha, U. (2012). Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.
Rakhma, J. (2004). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Saebani, B. A. (2001). Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Umam, C. (2011). Aspek-Aspek Fundamental Dalam Mempelajari Bahasa Arab. Bandung: PT Al-Ma’arif.
Zaenuddin. (2005). Radliyah, Metodologi & Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group.
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />