Penerapan Thariqah Mubasyarah Dalam Pengajaran Mufradat Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bireuen

Authors

  • Murdani Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v6i1.166

Keywords:

Tharīqah, Mubāsyarah, Pengajaran, Mufradāt

Abstract

Bahasa  Arab  merupakan  bahasa  yang  penting  bagi  umat  Islam  karena  bahasa  Arab digunakan  untuk  mempelajari  dan  memahami  sumber  ajaran  Islam  yang  berupa  Al Qur’an  dan  As  Sunnah.  Dalam  pembelajaran bahasa  Arab  terdapat  empat  keterampilan dasar dalam Berbahasa yaitu keterampilan Istima’(menyimak), Keterampilan Kalam (Berbicara), Keterampilan  Kitabah (menulis),  dan  keterampilan  Qira’ah  (membaca). Metode Tharīqah Mubāsyarah adalah  suatu  metode  pembelajaran  bahasa  Arab  yang  melatih  siswa untuk praktek langsung mengucapkan kata-kata atau kalimat tertentu meskipun kalimat  tersebut  masih  asing  dan  belum  dipahami  oleh  siswa, Kurangnya minat belajar siswa dan kurangnya kreatifitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran menjadi salah satu faktor pengunaan metode ini. Penelitian ini untuk melihat Langkah-langkah pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan tharīqah mubāsyarah di MAN 1 Bireuen, Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan fenomenologis. Langkah-langkah pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan tharīqah mubāsyarah, yaitu: memilih topik yang sesuai dengan taraf kemampuan peserta didik. Kemudian guru mengucapkan mufradāt atau kalimat yang sesuai dengan tingkat kemampuan anak didik dengan menggunakan alat peraga bila diperlukan.

References

Effendy, A. F. (2004). Metodelogi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Hamid, A. (2008). Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan Metode. Malang: UIN Malang Press.

Izzan, A. (2009). Metodelogi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.

Mahyudin, A. F. (2009). Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Cetakan Pertama.

Malibary, A. (2011). Pedoman Pengajaran Bahasa Arab. Jakarta: Perguruan Tinggi Agama Islam IAIN.

Moloeng, L. J. (2005). Metode penelitian kualitatif (1 ed.). Bandung: Rosda Karya.

Muhammad. (2002). Metode Khusus Pengajaran Bahasa Arab. Surabaya: Al-ikhlas.

Munawir, I. S. (2000). Tata Bahasa Arab Sistematis. Yogyakarta: Nusantara Aksara Group.

Nuha, U. (2012). Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.

Rakhma, J. (2004). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Saebani, B. A. (2001). Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Umam, C. (2011). Aspek-Aspek Fundamental Dalam Mempelajari Bahasa Arab. Bandung: PT Al-Ma’arif.

Zaenuddin. (2005). Radliyah, Metodologi & Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group.

Published

2020-06-30

How to Cite

Murdani. (2020). Penerapan Thariqah Mubasyarah Dalam Pengajaran Mufradat Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bireuen. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(1), 1-8. https://doi.org/10.54621/jiat.v6i1.166