Peningkatan Kemampuan Menyusun Teks Untuk Meminta Perhatian Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIII MTsS Peulimbang Kabupaten Bireuen
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiat.v4i2.191Keywords:
menyusun teks, meminta perhatian, Problem Based LearningAbstract
Penelitian tentang Peningkatan Kemampuan Menyusun Teks Untuk Meminta Perhatian Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIII MTsS Peulimbang Kabupaten Bireuen. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Kemampuan Menyusun Teks Untuk Meminta Perhatian Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIII MTsS Peulimbang Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur PTK yang dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan resfleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII MTsS Peulimbang yang berjumlah 30 orang siswa. Intsrumen penelitian yang digunakan berupa tes awal dan tes akhir, lembar observasi guru dan siswa, lembar kerja siswa, dan angket respon siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian pada siklus I 50% belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Sedangkan hasil penelitian pada siklus II 96.66% pembelajaran mencapai kriteria yang ditetapkan. Berdasarkan hasil respon siswa menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Problem Based Learning pada siswa Kelas VIII MTsS Peulimbang mendapat respon yang baik dari siswa dan dapat meningkatan kemampuan menyusun teks lisan dan tulisan untuk meminta perhatian.
References
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 2002.
Endraswara, Suwardi. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Caps, 2011.
Fachruddin Saudagar dan Ali Idris, Pengembangan Profesionalitas Guru, (Jakarta: Press, 2009.
Jhony Adreas, Kamus Lengkap, Surabaya : Karya Agung Mohammad Asrori. Psikologi Pendidikan. Bandung: Wacana Prima, 2007.
Slavin RE, Cooperative Learning, Elementary School Joournaal, 1982.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2006.
Sukidin, Basrowi, Suranto, Manejemen Penelitian Tindakan Kelas, Insan Cendikia, 2008.
Winkel WS, Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta : Gramedia, 1997.
Zamroni. Paradigma Pendidikan Masa Depan, Yogyakarta: Bigraf Publishing, 2000
Zainal Arifin, Evaluasi Instruksional: Prinsip- teknik- Prosedur, Bandung : Remaja Karya, 1998.
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />