Strategi Dayah Darutthalibin Al-Aziziyah Dalam Penerapan Metode Iqra’ Terhadap Kemampuan Belajar Al-Qur’an

Authors

  • Murdani Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga
  • Amiruddin Abdullah Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v6i2.167

Keywords:

Metode Iqra’, Membaca Al-Qur’an, Pendekatan fenomenologis

Abstract

Pembelajaran metode Iqra` adalah sebuah pembelajaran dalam baca tulis Al Qur’an dengan menggunakan buku Iqra` disampaikan secara klasikal dan individual. Dalam proses pembelajaran guru harus benar-benar tahu tentang huruf-huruf Al Qur’an serta cara membaca Al Qur’an dengan tartil dan fasih, serta harus dapat membuat anak aktif dalam belajar. Mengajarkan membaca Alquran pada anak usia dini bukan hal mudah, karena selain memerlukan pengetahuan seorang pendidik juga harus mengetahui metode yang dapat dipakai dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Dayah Darutthalin Al- Aziziyah Samalanga dalam Menerapkan Metode IQRA terhadap Santri dan Apasaja kendala Dayah Darutthalin Al- Aziziyah Samalanga dalam Menerapkan Metode IQRA terhadap Santri. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif dengan  pendekatan fenomenologis Berdasarkan hasi penelitian dan pembahasan yang dilakukan oleh peneliti mengenai penerapan metodeIqra’Sebagai Kemampuan Dasar Membaca Al-Quran di Dayah Darutthalin Al- Aziziyah Samalanga sudah dilakukan dengan baik. Penerapannya dilakukan dengan mengenalkan dasar membaca Al-Quran dengan metode Iqra’yang dibimbing oleh para guru satu persatu sehingga siswa lebih mudah memahami huruf hijaiyah sehingga lebih mudah membaca Al-Quran.Kelebihan Metode Iqra’ juga dapat memberikan kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi dan bagi santri belajar mendapatkan kemudahan dalam menerima materi.Bahwa dalam pelaksanaannya, guru selalu membuat perencanaan pembelajaran dan mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan yang disesuaikan dengan materi pelajaran Al-Qur’an, sesuai modul Iqra’ namun walapun demikian nyatanya masih di temukan guru yang tidak sepenuhnya menjalankan metode tersebut, hal ini lebih di akibatkan karena sang guru terbawa prinsip mengajarnya sendiri.

References

Budiyanto. (1995). Prinsip-prinsip Metodologi Buku IQRO. Yogyakarta: Team Tadarus “AMM”.

Mu’min, M. C. (1991). Petunjuk Praktis Mengelola TK Al-Qur’an. Jakarta: PT Fikahati Aneske.

Roqib, M. (2009). Ilmu Pendidikan Islam (Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah Keluarga, dan Masyarakat),. Yogyakarta: LkiS,.

Santiasih, N. L. (2013). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar ipa siswa kelas v sd no. 1 kerobokan kecamatan kuta utara kabupaten badung tahun pelajaran 2013/2014. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 1-13.

Strategi. ( 2020, 11 15). Dipetik 02 22, 2021, dari wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Strategi

Published

2020-12-30

How to Cite

Murdani, & Abdullah, A. (2020). Strategi Dayah Darutthalibin Al-Aziziyah Dalam Penerapan Metode Iqra’ Terhadap Kemampuan Belajar Al-Qur’an. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(2), 60-70. https://doi.org/10.54621/jiat.v6i2.167