Efektifitas Penggunaan Metode Inquiri Terhadap Minat Belajar Ppkn Pada Pokok Bahasan Dinamika Pancasila Sebagai Dasar Negara Di Kelas IX MTsS Juli
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiat.v4i1.195Keywords:
Efektifitas, Metode Pembelajaran Inquri, Minat Belajar siswa MTsS JuliAbstract
Penelitian tentang Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Inquiri terhadap Minat Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Pokok Dinamika Pancasila sebagai Dasar Negara di Kelas IX MTsS Juli. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Sejauh mana peningkatan minat belajar siswa melalui penggunaan metode pembelajaran Inquiri dan faktor apa saja yang menghambat penggunaan metode pembelajaran Inquiri terhadap minat belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada pokok bahasan Dinamika Pancasila sebagai Dasar Negara di Kelas IX MTsS Juli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif yaitu pendekatan yang berupaya memecahkan misteri makna berdasarkan pada pengalaman peneliti dan objek kajian, Prosedur yang dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan resfleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX MTsS Juli yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes awal dan tes akhir, lembar observasi guru dan siswa, lembar kerja siswa, dan angket respon siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian pada siklus I 50% belum mencapai kreteria ketuntasan minimal. Sedangkan hasil penelitian pada siklus II 97% pembelajaran mencapai kriteria yang ditetapkan. Berdasarkan hasil respon siswa menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Inquiri di kelas IX MTsS Juli mendapat respon yang baik dari siswa dan dapat meningkatan minat belajar siswa. Sedangkan faktor penghambat yang dihadapi guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran Inquiri di kelas IX MTsS Juli khususnya kelas IX adalah terbatasnya waktu dan adanya siswa yang malas serta kurang bersemangat.
References
Abdurrahman Rachman Shaleh dan Soependi Suriyadinata. Ilmu Keguruan Seri Paedagogik. Jakarta: Dharma Bakti, 1989.
Agus Suprijono. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Achmad Sugandi. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT UNNES, 2007.
Abdul Rahman Shaleh. Didaktif Pendidikan Agama.Jakarta: Bulan Bintang, 2003.
Beni Ahmad Saebani. Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia, 2001.
Daryanto. Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Surabaya: Appolo, 1995.
Kardi. Pengajaran Langsung. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press, 2000.
Lexy Moleong. Metodelogi Penelitian. Bandung:Remaja Rosda Karya, 2004.
Muhibbin Syah. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Ngalim Purwanto. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Nur Uhbiyati. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 1997.
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali, 1988.
Sholeh Abdul Azis. At-tarbiyatu Wa Turuku Tadris. Mesir: Darul Ma’arif.
Sumadi Suryabrata. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali, 1989.
Suharsimi Arikunto. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yokyakarta: Bumi Aksara, 2004.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Aneka Ilmu, 2003.
Witherington. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Aksara Baru, 1978.
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />