Efektifitas Program Bimbingan dan Penyuluhan Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMP 3 Sakti
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiat.v2i2.214Abstract
Bimbingan dan penyuluhan merupakan kunci keberhasilan dalam berbagai usaha atau kegiatan yang bersifat jasa, Pendidikan sejak dini, harus dipandang sebagai industri yang dapat menghasilkan jasa, sudah barang tentu jasa yang dimaksud disini adalah jasa pendidikan, yaitu suatu proses pelayanan untuk merubah pengetahuan, sikap dan tindakan ketrampilan anak- anak dari keadaan sebelumnya menjadi semakin baik sebagai manusia seutuhnya kelak nanti, Penelitian ini menelaah lebih jauh tentang efektifitas program bimbingan dan penyuluhan dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa di SMPN 3 Sakti Kab. Pidie. Bimbingan penyuluhan yang dijalankan di SMPN 3 Sakti diantaranya Bimbingan dan Penyuluhan dengan Metode Wawancara, Metode Group Guidence (Bimbingan secara berkelompok), Metode Non direktif (cara yang tidak mengarah), Metode Psiko Analitis (penganalisaan jiwa) dan Metode Direktif (metode yang bersifat mengarahkan). Selain metode tesrsebut guru memerlukan cara untuk menumbuhkan motivasi siswa dalam menerapkan disiplin. Adapun cara tersebut antara lain: keteladanan, pengawasan, hadiah, ego-involboment (menumbuhkan kesadaran), pujian, hukuman, dan tujuan yang diakui.
References
Abdurrahman. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta. 2003.
Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka cipta, 2001.
Ary h. Gunawan, Administrasi Sekolah: Administrasi Pendidikan Micro, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Baduara dan Sirait, Jasa dan Ilmu Seni, Jakarta: Akademi Presindo, 2004.
E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.
Emile durkheim, Moral Education, Ter. Lukas Ginting, Pendidikan Moral, Jakarta: Erlangga, 1990.
H.M Arifin , Pokok- pokok Pemikiran tentang Bimbingan dan Penyuluhan Agama, Jakarta: Bulan bintang, 1976.
Haidir Putra Daulay, Pendidikan Islam, Cet. 2, Jakarta: Prenada Media Group, 2007.
Kihajar Dewantara, Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri , Moh. Shocib, (ed), Jakarta: Rineka Cipta, 1998.
Mastuki HS, MA, Pendidikan Pesantren antara Normativitas dan Objektivitas, Majalah Pesantren, lakpesdam nu. Ed. I, 2002.
Muhammad usman Najati, Ilmu Jiwa Dalam al-quran, Jakarta: Pustaka Azzam, 2005.
Nana Syaudih Sukmadinata, Landasan Psikotogi Proses Pendidikan, Cet. ke-5, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.
R. Ibrahim dan Nana S. Sulcna Dinata, Manajemen Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005
Reasman dan Payne, Menjadi Guru profesionar, dalam E. Mulyasa (ed), Bandung: Remaja Rosda Karya , 2005
Slameto, belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Edisi Revisi, Jakarta: Rineka Cipta, 2003
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dan Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Thabrany, Rahasia Sukses Belajar, Jakarta: Raja Grafindo persada, 1995.
Winardi, Jasa dan Prilaku, Jakarta: Bandar Maju, 2002.
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />