Penerapan Metode Critical Incident Dalam Proses Pembelajaran Fiqh Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar

(Studi Kasus di Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Al-Aziziyah Samalanga Aceh)

Authors

  • Safrizal Student Universitas Islam Nusantara (UNINUS)
  • Rita Sulastini Student Universitas Islam Nusantara (UNINUS)
  • Sri Handayani Student Universitas Islam Nusantara (UNINUS)

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v8i1.228

Keywords:

Strategi critical incident, Belajar Fiqh, Prestasi belajar

Abstract

Strategi critical incident dalam pembelajaran mahasiswa pada mata kuliah ilmu fiqh dapat menjadi sarana bagi mahasiswa untuk aktif belajar dan meningkatkan hasil belajar dengan strategi yang inovatif. Penelitian ini menganalisis hasil belajar pada matkuliah ilmu fiqh dengan menggunakan metode critical incident di Institut Agama Islam Al-Aziziyah. Jenis penelitian ini menggunakan tindakan kelas penelitian karena peneliti bertindak langsung dalam penelitian. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester I prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah di Institut Agama Islam Al-Aziziyah 2021/2022.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kelas hasil belajar menggunakan strategi critical incident dari siklus I dan siklus II (2) keterampilan belajar dan penguasaan materi konsep fiqh di kelas menggunakan strategi critical incident mempunyayi peningkatan dalam prestasi belajar di bandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan strategi critical incident.

References

Tripp, D. Critical incidents in teaching, developing personal judgement. New York: Routledge Falmer (2006).

Melvin L Silberman, Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, (Bandung: Nusa Media, 2006).

Suwardi, Manajemen Pembelajaran, (Surabaya: Jp Books, 2007),

Melvin L Silberman, Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, (Bandung: Nusa Media, 2006).

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar Mempengaruhi hasil Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta. 2002).

Routledge Falmer: Critical incidents in teaching, developing personal judgement, New York, 2006. h Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar Mempengaruhi hasil Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta. 2002)

Published

2022-01-13

How to Cite

Safrizal, Rita Sulastini, & Sri Handayani. (2022). Penerapan Metode Critical Incident Dalam Proses Pembelajaran Fiqh Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar : (Studi Kasus di Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Al-Aziziyah Samalanga Aceh). Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 8(1), 1-10. https://doi.org/10.54621/jiat.v8i1.228