Kesiapan Sarana dan Prasarana Menjelang Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

(Studi Kasus di SDN 131 Inpres Batu-Batu)

Authors

  • Farid Nurma Arif Pahlawang Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Dr. Mardhia Hasan S.Ag., M.Pd 2Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v8i1.270

Keywords:

Sarana dan Prasarana, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kesiapan sarana dan prasarana SDN 131 Inpres Batu-Batu dalam menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas  pada masa new normal. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan menggunakan data-data kualitatif. Seluruh data dalam penelitian ini diperoleh melalui serangkaian wawancara mendalam kepada sejumlah informan. Informan pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru dan orang tua pada SDN 131 Inpres Batu-Batu. Temuan dalam penelitian ini adalah persiapan sarana dan prasarana SDN 131 Inpres Batu-Batu dalam pembelajaran tatap muka pasca covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan yang telah di tetapkan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

References

Bawani, I. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. Sidoarjo: Khazanah Ilmu Sidoarjo.

Ega Krisnawati. (2020). Cara Memakai Masker pada Anak Menurut WHO untuk Cegah COVID-19. Tirto.Id.

Kemenkes RI. (2014). Profil Kesehatan Indonesia. Kementrian Kesehatan Indonesia. In Pusdatin.Kemenkes.Go.Id. Kemenkes.

Redaktur. (2020). Persiapan Pembelajaran Era New Normal. KumparanNews. https://kumparan.com/kumparannews/persiapan-pembelajaran-era-new-normal1tcVKcbeIB8/full

Sugiyono. (2008). Metode Peneltian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta Bandung.

Suparta, M. (2014). Pendidikan transformative menuju masyarakat demokratis. Islamica: Jurnal Studi Keislaman, 7(2), 406–425.

Syahreni, E. (2011). Mengembangkan Perilaku Sehat Pada Anak 2-4 tahun. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. http://www.paud.depdiknas.go.id/buletin/detail/mengembangkan-perilaku-sehatpada-anak-usia-2-4-tahun

Widiastita, N., & Anhusadar, L. (2020). Bermain Playdough dalam Meningkatkan Kecerdasan Visual-Spasial Melalui Home Visit di Tengah Pandemi Covid-19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 50–63. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.17

Published

2022-06-20

How to Cite

Pahlawang, F. N. A., & Dr. Mardhia Hasan S.Ag., M.Pd. (2022). Kesiapan Sarana dan Prasarana Menjelang Pembelajaran Tatap Muka Terbatas: (Studi Kasus di SDN 131 Inpres Batu-Batu). Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 8(1), 67-74. https://doi.org/10.54621/jiat.v8i1.270