Pendidikan Masa Transisi Bani Umayyah

Authors

  • Mutia Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v8i1.372

Keywords:

Metode, Abbasiyah, Filsafat

Abstract

Perkembangan sejarah pendidikan Islam dari masa ke masa selalu mengalami kemajuan yang berdampak baik bagi perkembangan intelektual masyarakat Islam pada saat itu sampai sekarang. Pendidikan terus mengalami perkembangan dari masa Rasulullah, Khulafaurrasyidin, Bani Umayyah dan Bani Abbasiyah. Bani Umayyah di Damaskus dimulai setelah kemangkatan khalifah Ali. Kajian ini bertujuan untuk mengkaji pendidikan pada masa Bani Umayyah yang meliputi sistem pendidikan, metode pembelajaran dan materi pendidikan. Hasil temuan menunjukkan bahwa sistem pendidikan masa Bani Umayyah terdiri dari pendidikan tahap rendah, jenjang menengah dan jenjang tinggi. Metode pembelajaran dilakukan dengan pola ahl al-Ra’yu yaitu pengembangan berdasarkan nalar dan pendapat-pendapat ahli. Adapun materi pendidikan terdiri dari ilmu pengetahuan bidang agama, ilmu bidang sejarah, ilmu bidang bahasa dan ilmu bidang filsafat.

References

A. Syalabi, Sejarah Kebudayaan Islam Jilid II, Jakarta: Pustaka Al Husna, 1983.

Abuddin Nata, Sejarah Pendidikan Islam Pada Periode klasik dan Pertengahan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1990.

Ali K, Studi Sejarah Islam, Jakarta: Binacipta, 1995.

Hasan Langgulung, Pendidikan Islam Dalam Abad ke 21, Jakarta: Pustaka al Husna, 1988.

Musyarifah Sunanto, Sejarah Islam Klasik Perkembangan Ilmu dan Pengetahuan Islam, Jakrta: Prenada Media, 2004.

Philip K. Hitti, Dunia Arab Sejarah Ringkas, Yogyakarta: Sumur Bandung, 2001.

Sayed Ameer Ali, Api Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1978.

Suwito, dkk, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2005.

www.sabah.cdu.my

www.sidogiri.com

Zuhairini dkk, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, l997.

Published

2022-06-30

How to Cite

Mutia. (2022). Pendidikan Masa Transisi Bani Umayyah. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 8(1), 75-83. https://doi.org/10.54621/jiat.v8i1.372