Strategi Manajeman Kurikulum Pesantren Dalam Menguatkan Kompetensi Dakwah Santri Dayah Jamiah Al Aziziyah Bate Iliek Samalanga

Authors

  • Ibnu Kasir Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v9i1.558

Keywords:

Strategi, Manajemen, Competence

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui:  Strategi Manajemen Kurikulum Pesantren; Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Dayah Jamiah Al Aziziyah Bte Iliek Samalanga Bireuen mulai 06 Mei 2021 sampai dengan 13 Juni 2021. Adapun subyek penelitian adalah Strategi Manajemen Kurikulum Pesantren Dalam Menguatkan Kompetensi Dakwah Santri. Informan penelitian antara lain: Pimpinan Dayah Jamiah Al Aziziyah, Kabaq Pengajian, Wakabaq Pengajian, Anggota Pengajian. Teknik pengumpulan data meliputi: Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian diketahui bahwa  Strategi manejemen kurikulum Dayah Jamiah Al Aziziyah pertama mengatur pengajaran pengajian, yang kedua mencukupi waktu, ketiga mencukupi guru, ke empat seleksi guru, ke lima memastikan bahwa guru itu cukup guru malam dan guru pagi, ke Enam memilih dan menentukan kitan oleh pihak pengajian, setelah itu mengontrol atas berjalannya pengajaran.

References

Abd Mukti, Syafaruddin Syafaruddin, and Athahillah Athahillah, “Implementasi Manajemen Kurikulum Dayah Mudi Mesra Kabupaten Bireuen,” Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 6, No. 2, 2020.

Afna, Mauloeddin. “Manajemen Pendidikan Dayah Bercirikan Program Extrakurikulum Agraris.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3, No. 2, 2016.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1994.

Ali Mahfuz, Hidayat Al-Mursyidin Ila Thuruq Al-Wa’ziwa Al-Khitabath, Beirut: Dar Al-ma’rif, tt.

Andriani, Yulia, Rahendra Maya, and Sarifudin Sarifudin. “Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk Tahfidzul Qur’an Nurul Iman Jakarta Tahun Ajaran 2018/2019.” ProsA MPI: Prosiding Al Hidayah Manajemen Pendidikan Islam 1, No. 1, 2019.

Angki Firmansyah, “Manajemen Kurikulum Pondok Pesantren Salafiyah Dalam Penyelenggaraan Program Dakwah Jamaah Tabligh (Studi Kasus Di Pesantren Kasyiful ‘Ulum Kendari),” Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 4, No. 1, 2018.

Arita Marini, Manajemen Sekolah Dasar , (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014

Bogdan dan biklen, dalam Nur Ali, Manajeman Pengembangan Kurikulum SMK dilingkungan Pesantren, Disertasi; PPS UM, Malang: 2008.

Budiantoro, Wahyu. “Dakwah Di Era Digital.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11, No. 2, 2017.

Dakir, “Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum,” Cet I, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Dakir. “Perencanaan Dan Pengembangan Kurikulum.” Cet I (Jakarta: Rineka Cipta), 2004, hal. 2-3.

Dicky Wirianto, “Perspektif Historis Transformasi Kurikulum Di Indonesia,” Islamic Studies Journal, 2, No. 1, 2014.

Dinn Wahyudin, Manajemen Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Emzir, Metodelogi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Published

2023-01-26

How to Cite

Kasir, I. (2023). Strategi Manajeman Kurikulum Pesantren Dalam Menguatkan Kompetensi Dakwah Santri Dayah Jamiah Al Aziziyah Bate Iliek Samalanga. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 9(1), 1-10. https://doi.org/10.54621/jiat.v9i1.558