Pengololaan Sumber Daya Manusia di Pesantren: Tantangan Dan Strategi Dalam Kontek Manajemen Pendidikan di Dayah Jamiah Al Aziziyah Bate iliek Samalanga

Authors

  • Ibnu Kasir Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v10i1.827

Keywords:

Pengololaan, SDM, Pesantren

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui:  Bagaimana pengelolaan sumber daya manusia di Dayah Jamiah Al Aziziyah Bate iliek Samalanga memengaruhi kualitas pendidikan dan pembentukan karakter peserta didik, dan Apa saja tantangan utama yang dihadapi oleh Dayah Jamiah Al Aziziyah Bate iliek Samalanga dalam mengelola sumber daya manusia, dan bagaimana strategi yang efektif untuk mengatasi tantangan tersebut; Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Dayah Jamiah Al Aziziyah Bte Iliek Samalanga Bireuen. Adapun subyek penelitian adalah Pengololaan Sumber Daya Manusia di Pesantren: Tantangan Dan Strategi Dalam Kontek Manajemen Pendidikan di Dayah Jamiah Al Aziziyah Bate iliek Samalanga. Informan penelitian antara lain: Pimpinan Dayah Jamiah Al Aziziyah, Kabaq Pengajian, Wakabaq Pengajian, Anggota Pengajian. Teknik pengumpulan data meliputi: Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian Strategi pengelolaan sumber daya manusia di Dayah Jamiah Al Aziziyah Bate Iliek Samalanga mencakup rekrutmen dan seleksi teliti, pengembangan profesional guru, pembelajaran berbasis karakter, pengelolaan kelas yang efektif, dan kerjasama tim yang baik. Dengan pendekatan ini, pesantren dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan pembentukan karakter peserta didik. Untuk mengatasi tantangan, mereka merumuskan kebijakan jelas, investasi dalam pelatihan, kesejahteraan staf, komunikasi terbuka, dan responsivitas terhadap perubahan. Dengan konsistensi dalam penerapan strategi ini, pesantren dapat mengoptimalkan sumber daya manusia mereka dan mencapai tujuan pendidikan dengan lebih baik, memastikan bahwa staf memiliki keterampilan, motivasi, dan keterlibatan yang diperlukan.

References

Abdullah, A., Muhammad Basyah, M., Zahara , Z. ., & Ibrahim, N. (2022). Manajemen Pimpinan Dayah Dalam Merekrut Tenaga Pendidik di LPI Dayah Hasanul Iman Al-Aziziyah Jeunieb Kabupaten Bireuen. Jurnal Seumubeuet, 1(1), 96-113.

Abdullah, M. A. Manajemen Pesantren: Dinamika Organisasi dan Pengembangan Lembaga. Jakarta: Kencana. 2019.

Abu Bakar, M., & Abdullah, A. (2022). Kepemimpinan Ayah Muntasir dalam Keberhasilan Pendidikan Pondok Pesantren Dayah Jamiah Al-Aziziyah. Jurnal Seumubeuet, 1(2), 155-166.

Amiruddin, Konsep pendidikan akhlak menurut Mahmud Yunus, (Lhokseumawe: Yayasan Madinah Al-Aziziyah, 2018), h. 67.

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods. Pearson. 2018.

Charmaz, K Constructing Grounded Theory. Sage Publications. 2014.

Creswell, J. W Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage Publications. 2013.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (Eds.). The Sage Handbook of Qualitative Research. Sage Publications. 2018.

Djamarah, S. B., & Zain, A. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2018.

Flick, U. (2018). An Introduction to Qualitative Research. Sage Publications.

Jazuli, A Manajemen Pendidikan Islam. Surabaya: Airlangga University Press. 2017.

Marshall, C., & Rossman, G. B. Designing Qualitative Research. Sage Publications. 2015.

Merriam, S. B. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. Jossey-Bass. 2009.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage Publications. 2013

Mulyasa, E. Manajemen Pesantren: Implementasi Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan Islam. Bandung: Rosda Karya. 2017.

Patton, M. Q Qualitative Research & Evaluation Methods: Integrating Theory and Practice. Sage Publications. 2015.

Purwanto, M. N. Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2016.

Rinaldi, S. R Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers. 2018.

Yin, R. K Qualitative Research from Start to Finish. Guilford Press. 2017.

Zulkifli. Manajemen Pesantren. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada 2017.

Published

2024-05-12

How to Cite

Kasir, I. . (2024). Pengololaan Sumber Daya Manusia di Pesantren: Tantangan Dan Strategi Dalam Kontek Manajemen Pendidikan di Dayah Jamiah Al Aziziyah Bate iliek Samalanga. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 10(1), 1-9. https://doi.org/10.54621/jiat.v10i1.827