Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri I Trienggadeng Pidie Jaya
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiat.v9i1.586Keywords:
Manajemen, Pembelajaran, PAIAbstract
Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan secara formal, dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan pengelolaan yang baik, dan teliti, untuk itu jelas bahwa manajemen pembelajaran penting untuk dilakukan agar mencapai tujuan bersama yang diinginkan secara efektif dan efisien. Skripsi ini mempunyai rumusan masalah bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama islam di SMK Negeri I Trienggadeng Pidie Jaya. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif fenomenologis. Dikatakan demikian karena jenis penelitian ini mempunyai ciri-ciri antara lain setting sosial, peneliti adalah instrumen kunci, data bersifat deskriptif, menekankan kepada proses, analisis datanya bersifat induktif, dan meaning (pemaknaan) tiap peristiwa adalah merupakan perhatian yang esensial dalam penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (participant observation), wawancara dan analisis dokumen (document study). Adapun hasil temuan penelitian ini mengenai manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri I Trienggadeng Pidie adalah sebagai berikut : (1) Perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam guru membuat perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, program semester, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, kriteria kelulusan minimal, dan rincian minggu efektif. (2) Pelaksanaan rencana pembelajaran pendidikan agama Islam, guru melaksanakan rencana-rencana pembelajaran yang telah disusun secara sistematis dan diimpelentasikan saat proses oembelajaran berlangsung, rencana tersebut didalamnya meliputi strategi pembelajaran siswa aktif dan metode yang digunakan adalah metode diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas.
References
Anas Sujono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Davis, Pengelolaan Belajar, Jakarta: Rajawali Press, 1991.
Dewi Salma Prawiradilaga, dkk, Mozaik Teknologi Pendidikan, Cet. III, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.
H.B Siswanto, Pengantar Manajemen, Bumi Aksara: Jakarta, 2005.
Hasan Langgulung, Manusia Dan Pendidikan Suatu Analisa Psikologi Dan Pendidikan, Cet. III, Jakarta: Al-Husna Zikra, 1995.
Ibrahim Bafadal, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, Cet. II, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Lexi J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Cet. Ke-24, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007.
M. Atwi Suparman, Desain Intruksional, Cet. V, Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka, 2005.
Mohammad Rohman, dkk, Manajemen Pendidikan, Cet. I, Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2012.
Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.
Muhammad Rifa’i, Teori Manajemen, Bandung: Citapustaka Media, 2007.
Mulyasa, Manajemen Berbasis Madrasah; Konsep, Strategi Dan Impelementasi Bandung : Remaja Rosdakarya.
Salim, dkk, Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. I, Bandung: Citapustaka Media, 2007.
Suharsimi Arikunto, Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi, Jakarta: Rineka Cipta, 1990.
Sukarna, Dasar-Dasar Manajemen, Bandung: Mandar Maju, 1992.
Syafaruddin, dkk, Manajemen Pembelajaran, Cet. I, Jakarta: Quantum Teaching, 2005.
Udin Syaefuddin Sa’ud, dkk, Perencanaan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Uhar Suharsaputra, Administrasi Pendidikan, Cet. I, Bandung: Refika Aditama, 2010.
Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Prenada, 2008.
Zainal Arifin, Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam Yogyakarta: Diva Press, 2012.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />