Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Terpencil Sd Negeri Satu Atap Sarah Mane Kecamatan Meurah Dua Kabupaten Pidie Jaya
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiat.v10i1.728Keywords:
Strategi, Mutu pembelajaran, Kepala sekolahAbstract
Penelitian ini ingin mengkaji tentang bagaimanakah strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Satu Atap Sarah Mane Kecamatan Meurah Dua Kabupaten Pidie Jaya dan apa saja hambatan Kepala Sekolah dalam menerapkan strategi untuk memajukan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Satu Atap Sarah Mane Kecamatan Meurah Dua Kabupaten Pidie Jaya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Satu Atap Sarah Mane Kecamatan Meurah Dua Kabupaten Pidie Jaya dan untuk mengetahui apa saja hambatan Kepala Sekolah dalam menerapkan strategi untuk meningkatkan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Satu Atap Sarah Mane Kecamatan Meurah Dua Kabupaten Pidie Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berjenis kualitatif, pendekatan fenomenologis, bersifat deskriptif. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Satu Atap Sarah Mane Kecamatan Meurah Dua Kabupaten Pidie Jaya adalah mengusahakan peningkatan kemampuan mengajar guru, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan merevisi bahan ajar, meningkatkan kedisiplinan kepada seluruh siswa, membina kerja sama dengan seluruh komponen masyarakat secara berkesinambungan, serta melaksanakan program-program untuk memajukan sekolah. Hambatan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Satu Atap Sarah Mane Kecamatan Meurah Dua Kabupaten Pidie Jaya adalah karena kurangnya fasilitas yang tersedia, kurangnya motivasi orang tua, kurangnya ekonomi keluarga, dan kesibukan orang tua.
References
Abdul Hadis dan Nurhayati. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010.
Iskandar. Metodelogi Penelitian dan Pendidikan dan Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif). Jakarta: Gaung Persada Press, 2008.
Lexy J. Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Nana Shaodih Sukmadinata. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 20
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />