Implementasi Kurikulum Ma’had Aly Berstandar Nasional di Ma’had Aly Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiat.v8i1.176Keywords:
pengembangan kurikulum, ma'had alyAbstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini meliputi (1) implementasi kurikulum Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga; (2) kendala yang dihadapi dalam proses implementasi kurikulum Ma’had Aly berstandar nasional di Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga; (3) solusi dalam menyelesaikan kendala dalam proses implementasi kurikulum Ma’had Aly berstandar nasional Di Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dengan pendekatan pedagogik. Penelitian dilakukan di Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga. Subjeknya adalah para pengurus Ma’had Aly dan data pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data dengan wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan sebelum ke lapangan, selama di lapangan, dan setelah selesai di lapangan hingga penelitian tuntas. Adapun komponennya adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitiannya: (1) implementasi kurikulum Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga diawali dengan perencanaan. Masing-masing pengajar/teungku membuat agenda-agenda harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Pelaksanaan implementasi kurikulum di Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga dimulai dengan pembukaan, inti, dan penutup. Metode pembelajaran yang diterapkan di Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga meliputi metode sorogan, bandongan dan diskusi/bahtsul masail. Evaluasi implementasi kurikulum Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga dengan tes tulis, tes lisan, dan tes kepribadian; (2) Kendala yang dihadapi di Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga dalam implementasi kurikulum: tidak disiplinnya mahasantri, tidak disiplinnya pengajar/teungku, santri yang belum bisa mensyarah kitab dalam Bahasa Indonesia, apalagi dalam Bahasa Arab dan Inggris; (3) Solusi yang ditempuh untuk menyelesaikan kendala dalam proses implementasi kurikulum Ma’had Aly berstandar nasional di Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga dengan cara memperketat absen dan perizinan mahasantri, diberikan surat teguran dua kali dan ketiga kalinya akan dikeluarkan surat pemberhentian tugas, terus dilatih dalam menjelaskan kitab dalam bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris dan mahasantri di tempatkan di mabna lughah yang mewajibkan berbahasa Arab dan Inggris.
References
Abdul Jalil, Strategi Peningkatan Mutu Ma’had Aly Al-Muhsin Krapyak Wetan Bantul Yogyakarta, Tesis Pascasarjana STIE Widiya Wiwaha Yogyakarta, tidak diterbitkan.
Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Abdul Malik, Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur, Tesis Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2012, tidak diterbitkan.
Abu Yasid, Membangun Islam Tengah, Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2010.
Ahmad Arifi, Politik Pendidikan Islam Menelusuri Ideologi dan Aktualisasi Pendidikan Islam di Tengah Arus Globalisasi, Yogyakarta: Teras, 2010.
Ara Hidayat, Kebijakan Pesantren Mu’adalah dan implementasi Kurikulum di Madrasah Aliyah Salafiyah Tremas Pacitan, Jurnal Pendidikan Islam UIN SGD Volume III Nomor I Juni 2014.
Asmaun Sahlan dan Angga Teguh Prastyo, Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Asmaun Sahlan dan Angga Teguh Prastyo, Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Burhan Nurgiyantoro, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, Yogyakarta: BPFE, 2008.
Fahmi, Z., & Amiruddin. (2022). Konsep dan Proses Pengembangan Kurikulum Ma’had Aly Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga Bireuen Aceh. Jurnal At-Tarbiyah, 7(1), 11-22.
H.E Badri dan Munawiroh, Pergeseran Literatur Pesantren Salafiyah, Jakarta: Publishing Lektur Keagamaan, 2007.
Hamdiah M. Latif, Tradisi dan Vitalitas Dayah, Didaktika Vol. 8 No. 2 September 2007.
Hasbi Amiruddin, Menatap Masa Depan Dayah di Aceh, Banda Aceh: Yayasan Pena, 2008.
Herry Widyastono, Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Hisbullah Huda, Pengembangan Kurikulum, Surabaya: Pascasarjana UIN Sunan Ampel, 2017.
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
M. Fadillah,Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
M. Zulmiadi, Stategi Pengembangan Kurikulum Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren An-Nur II Al-Mutadlo, Bululawang, Malang), Tesis Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2017, tidak diterbitkan.
Marwan Saridjo, Pendidikan Islam Dari Masa Ke Masa Tinjauan Kebijakan Publik Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia, Bogor: Yayasan Ngali Aksara dan Al-Manar Press, 2011.
Marzuki, Sejarah dan Perubahan Pesantren di Aceh, Jurnal Pendidikan Millah Vol. XI No. 1 Agustus 2011 STAIN Malikussalaeh Lhokseumawe.
Mudjiono Dimyati, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta. Djarwanto, 2006.
Muh.Aris Izzudin, Tradisi Akademik Pesantren (Studi Tentang Pembelajaran Halaqah di Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang, Tesis Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2016, tidak diterbitkan.
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Agama Islam, Jakarta: Rajawali Press, 2007.
Muhammad Romadhon Imam Al-Haroki, Implementasi Kurikulum Ma’had Aly (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Iqna’ Ath-Thalibin Al-Anwar Sarang Rembang Jawa Tengah dan Pondok Pesantren Nurul Haromain Pujon Malang Jawa Timur), Tesis Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2019, tidak diterbitkan.
Nana Syaodih Sukmadinata, Metodologi Penelitian Pendidikan, cet.V, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2009.
Nur Ahid, “Konsep dan Teori Kurikulum Dalam Dunia Pendidikan”, Islamica, Vol. 1, No. 1, September, 2006.
Oemar Hamalik, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakaya, 2007.
Rusman, Manajemen Kurikulum, Jakarta: Rajawali Press, 2009.
S. Nasution, Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 1989.
S. Suradi, Manajemen Kurikulum Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng Sebagai Lembaga Kaderisasi Ulama Di Era Globalisasi, Jurnal Dialog Islam Dengan Realita IAIN Ponorogo, http://jurnal.iainponorogo.ac.id.
Sholeh Hidayat, Pengembangan Kurikulum Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Siti Bariroh, Analisis Pengaruh Kedisiplinan Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Sma Negeri 1 Bumiayu Kabupaten Brebes, Jurnal Kependidikan Vol. III No. 2 November 2015.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Ban¬dung: Alfabeta, 2010.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
_____, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Suryadarma Ali, Paradigma Pesantren Memperluas Horizon Kajian dan Aksi, Malang: UIN Press, 2013.
Udin Saefudin Saud dan Abin Syamsudin Makmun, Perencanaan Pendidikan: Suatu Pendekatan Komprehensif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Wiji Hidayati, Pengembangan Kurikulum, Yogyakarta: Pedagogia, 2012.
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.
Zainal Arifin, Perkembangan Pesantren di Indonesia, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol.IX No.1, Juni 2012.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Jurnal At-Tarbiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />