Manajemen Pengembangan Kurikulum PAI Di SMA Negeri 1 Ketambe Kabupaten Aceh Tenggara

Authors

  • Tajussubki Tajussubki Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia
  • Saifannur Saifannur Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia
  • Riki Ananda Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v10i2.910

Keywords:

Manajemen, Pengembangan, Kurikulum

Abstract

Pengembangan kurikulum di Indonesia tidak terlepas dari sejarah perkembangan pendidikan. Pengembangan kurikulum penting dilakukan untuk meningkatkan keberhasilan sistem pendidikan secara menyeluruh. SMA Negeri 1 Ketambe juga ikut mengembangkan kurikulum PAI dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran pendidikan agama Islam serta melahirkan generasi yang religius. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana manajemen pengembangan kurikulum PAI di SMA Negeri 1 Ketambe Aceh Tenggara; 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat manajemen pengembangan kurikulum PAI di SMA Negeri 1 Ketambe Aceh Tenggara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi, dan sifat penelitian ini adalah deskriptif. Bentuk-bentuk pengembangan kurikulum PAI diantaranya: a) peningkatan nilai-nilai religius: Mengaji 10 Menit Sebelum Proses Belajar-Mengajar dan Membaca Yasin Setiap Jum’at; b) pembentukan karakter siswa: keteladanan dan Teguran; c) Program Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ). Penulis menganalisis bahwa pengembangan kurikulum PAI yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ketambe Aceh Tenggara sudah sesuai dengan teori yang ada walaupun masih ada factor penghambat.

References

A. Hamid Syarif, Pengembangan Kurikulum, Surabaya: Bina ilmu, 1993.

Abdullah Idi, Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.

Delita Rifika, Strategi Kepala Sekolah Dalam Perencanaan Model Pendidikan Islam Berbasis Karakter Di MTSN S Pidie, (Skripsi pada Fakultas Tarbiyah IAI Al-Aziziyah Samalanga, 2018), tidak diterbitkan.

E. Mulyasa, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Gabriel Amin Silalahi, Metode Penelitian dan Studi Kasus, Sidoarjo: Citra Media, 2003.

Hendayat Sutopo, Westy Soemanto, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Sebagai Sub¬stansi Problem Administrasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 1993.

Iskandar, Metodelogi penelitian pendindikan dan sosial, Jakarta: Gaung Persada, 2008.

Khalilah, Upaya Kepala Sekolah Dalam Melakukan Supervisi Guru PAI di SMAN 2 Samalanga, (Skripsi pada Fakultas Tarbiyah IAI Al-Aziziyah Samalanga, 2018), tidak diterbitkan.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010

Miles, Huberman dan Saldana, Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook, USA : Sage Publication, 2014.

Mudjiono Dimyati, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta. Djarwanto, 2006.

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Agama Islam, Jakarta: Rajawali Press, 2007.

_____, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: Rajawali Press, 2014.

Nana Sudjana, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah, Bandung: Sinar Baru, 1989.

_____, Metodologi Penelitian Pendidikan, cet.V, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2009.

_____, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik, Cet. XXI, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2017.

Nita Yunita, Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di SDN Bunot Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya, (Skripsi pada Fakultas Tarbiyah IAI Al-Aziziyah Samalanga, 2018), tidak diterbitkan.

Oemar Hamalik, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Cet. Ke-4, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2008.

S. Nasution, Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 1989.

Saifuddin Anwar, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Soejono Soekanto, Pengantar Penelitian Hukum, Jakarta: Universitas Indonesia, 1986.

Sugiyono, Metode Deskriptif, Bandung: Alfabeta, 2009.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Suniti, “Manajemen Pengembangan Kurikulum”, Jurnal Jurusan Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Syamsul Bahri, Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuan, Jurnal Islam: Islam Futura Fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry Volume XI No. 1 Agustus 2011, h. 40.

Zainal Arifin, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Cet. V, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

JURNAL AT-TARBIYYAH  VOL. 10 NO. 2 TAHUN 2024

Published

2024-12-31

How to Cite

Tajussubki, T., Saifannur, S., & Ananda, R. (2024). Manajemen Pengembangan Kurikulum PAI Di SMA Negeri 1 Ketambe Kabupaten Aceh Tenggara. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 10(2), 149-160. https://doi.org/10.54621/jiat.v10i2.910