Metodologi Studi Islam

Authors

  • Amiruddin Abdullah Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v2i1.255

Keywords:

Studi Islam, Fiqh, Kalam, Hadis, Tafsir

Abstract

Islam sejak kedatangannya merupakan  agama rahmatan  lil'alamin, bukan hanya bagi rnanusia tetapi juga  bagi makhluk  la.in yang ada di alam ini. Islam menjunjung tinggi nilai-nilai  kemanusiaan, jauh sebelum  barat menggaungkan HAM untuk perlindungan manusia. Hal ini terlihat dari adanya peraturan untuk tidak membunuh wanita, anak  dan  orang  tua dalam  perang,  mengangkat harkat  rnartabat perempuan  dari   sistern   perbudakan,   tidak   membuang  kotoran sembarangan  dan  lain-lain.  Sebagai  agama  yang  komprehensif, maka perlu digalakkan studi Islam untuk mengkaji dan mendalami hal-hal  yang  berhubungan praktik-praktik yang  dilakukan dalam sejarah   urnat   rnanusia   sesuai   dengan   pengecahuan   Islam   dan rnampu  menyesuaikan diri  di era  globalisasi   ini.  Dalam  sejarah perturnbuhan studi Islam dunia telah banyak melahirkan corak dan ragamnya, ini membuktikan luasnya kajian Islam yang bisa di kaji, bukan  hanya  aspek  teologis  tetapi juga  menyentuh  kajian  Islam norrnarif,  yakni  Islam  ideal  sebagaimana  yang  rerruang  dalam Al-Qur'an  dan Hadits,  maupun  kajian  Islam  historis yaitu  Islam yang  berhubungan dengan  sejarah  kehidupan   manusia  terrnasuk dalam  hal  relasi sosial  masyarakat   dalam hubungannya dengan agama.  Metodologi  studi  Islam  secara  benar  sangat  diperlukan, sehingga    Islam   mampu   menyesuaikan  diri   dengan   pengaruh globalisasi  dalam   membangun   bangsa   dan   Negara    ini   serta mampu  hidup  toleran  dalam  keberagaman dengan  mengacu  pada sumber  ajaran Islam yang utama yaitu Al-Qur'an dan As-Sunnah.

References

A. Hanafi, Theology Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
Abuddin Nata, Metodologi Studi Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006.
Ali Garisyah, Metode Pemikiran Islam, Jakarta: Gema Insani Press, 1989.
Armai Arief, Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Atang Abd. Hakim & Jaih Mubarok, Metodologi Studi Islam, Cet. 7, Bandung: Remaja Rosda Kai-ya, 2004.
Fatchur Rahman, Ikhtisar Musthalahul Hadits. Bandung: Al-Ma'arif, 1974.
Fazlur Rahman, Islam, Bandung: Pustaka, 2003.
Harun Nasution, Teologi Islam Aliran-Aliran Sejarali Analisa Perbandingan, Jakarta: UT-Press, 1986.
http//ditpertais.net, di akses pada tanggal 18 September 2012.
Mircea Aliade, dkk, Metodologi Studi Agama, Terj. Ahmad Norma Pennata, Yogyakarta: Pustaka PeJajar, 2000.
Muhammad Abduh, Risalan Tauhid, Terj. Firdaus A.N. Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
Muhyar Fanani, Metode Studi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Nurcholis Madjid, Khazanah. Intelcktual Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1984.
Tim Penyusun PPs IAIN Ar-Raniry, Panduan Program Pascasarjana Tahun Akademik 2012/2013, Banda , Banda Aceh: PPs IAIN Ar-Raniry, 2012.
U. Maman, dk.k, Metodologi Penelitian Agama Teori dan Praktik, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
Usman Husen, Sejarah Pendidkan Islam, Banda Aceh: Ar-Raniry Press, 2008.

Published

2016-06-30 — Updated on 2022-09-24

Versions

How to Cite

Abdullah, A. (2022). Metodologi Studi Islam. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 75-92. https://doi.org/10.54621/jiat.v2i1.255 (Original work published June 30, 2016)