Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Perspektif Pendidikan

Authors

  • Fahmi Karimuddin Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

Keywords:

Ibnu Khaldu, Konsep, Pemikiran

Abstract

Ibnu Khaldun merupakan salah satu tokoh pemikir Islam yang memiliki pengaruh besar dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Ibnu Khaldun lebih banyak dikenal sebagai ahli sejarah dan sosial. Sementara keahliannya di bidang pendidikan kurang mendapat perhatian, kalaupun ada belum memberikan analisis yang mendalam. Padahal seperti yang tercantum dalam karyanya Muqoddimah Ibnu Khaldun, selain memiliki konsep tentang pendidikan yang bermanfaat untuk dikembangkan ia juga bertindak sebagai pendidik. Konsep pemikiran Ibnu Khaldun dalam perspektif pendidikan merupakan hasil pemikiran Ibnu Khaldun yang menekankan pada pendidikan. Pandangan Ibnu Khaldun tentang pendidikan berpijak pada konsep dan pendekatan filosofis-empiris. Melalui pendekatan ini, ia memberikan arahan terhadap visi tujuan pendidikan Islam secara ideal dan praktis. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode historis kritis. Langkah pertama adalah heuristik yaitu kegiatan menghimpun jejak-jejak masa lampau atau tahap pengumpulan sumber. Tahap kedua adalah verifikasi yang merupakan kegiatan meneliti sumber-sumber sejarah baik secara ekstern maupun intern. Setelah melakukan verifikasi, selanjutnya melakukan interpretasi. Interpretasi atau penafsiran terdiri dari analisis dan sintesis. Analisis berarti menguraikan, dan sintesis berarti menyatukan. Keempat historiografi atau penulisan sejarah, merangkaikan dari tiap-tiap tahap di atas untuk disajikan kedalam sebuah karya sejarah. Berdasarkan hasil penelitian dari pustaka yang telah dilakukan bahwa Ibnu Khaldun adalah seorang tokoh besar dunia Islam, yang berhasil memberikan kontribusi begitu besar dalam dunia keilmuan yang ada di dunia. Pemikiran Ibnu Khaldun sesungguhnya tidak dapat dilepaskan dari akar pemikiran Islam. Ibnu Khaldun menganggap bahwasannya pendidikan merupakan hakikat dari eksistensi manusia. Ibnu Khaldun berpendapat bahwa pendidikan berusaha untuk melahirkan masyarakat yang berbudaya serta berusaha untuk melestarikan eksistansi masyarakat yang akan datang. Pandangan Ibnu Khaldun tentang pendidikan berpijak pada konsep dan pendekatan filosofis-empiris. Melalui pendekatan ini, ia memberikan arahan terhadap visi tujuan pendidikan Islam secara ideal dan praktis. Tantangan pendidikan menurut Ibnu Khaldun adalah pendidikan dapat mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas yaitu melahirkan masyarakat yang berkebudayaan serta berusaha untuk melestarikan dan meningkatnya untuk eksistensi masyarakat selanjutnya.

References

Ahmad Syafi’i Ma’arif, dkk. Kontribusi Pemikiran Ibnu Khaldun, Yogyakarta: LPSIPM, 1985.

Ahmad Syafi’i Ma’arif, Ibnu Khaldun Pandangan Penulis dan Timur, Jakarta: Gema Insani Press, 1996.

Ali Abdulwahid Wafi, Ibnu Khaldun Riwayat dan Karyanya, Jakarta: Grafitipres, 1985.

Ali Al-Jumbulati, Perbandingan Pendidikan Islam, (alih bahasa H.M. Arifin), Jakarta: Rineka Cipta, 1994.

Charles Issawi MA, Ibnu Khaldun, Pilihan dan Muqaddimah, Filsafat Islam tentang Sejarah, Cet. II, Jakarta: Tinta Mas, 1962.

Fathiyyah Hasan Sulaiman, Pandangan Ibnu Khaldun Tentang Ilmu Pendidikan. (alih bahasa Herry Nu Ali), Bandung: Diponegoro, 1987.

Fathiyyah Hasan Sulaiman, Pandangan Ibnu Khaldun, Bandung: CV Diponegoro,1987.

Fuad Bali dan Ali Wardi, Ibnu Khaldun dan Pola Pemikiran Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus, 1989.

Harun Nasution, Pembaharuan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Cet. VIII, Jakarta: Bulan Bintang, 1991.

Hasan Langgulung, Asas-asas Pendidikan Islam, (alih bahasa H.M. Arifin), Jakarta: Rineka Cipta, 1994.

Masarudin Siregar, Konsepsi Pendidikan Ibnu Khaldun (suatu analisis fenomenologi). Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisango Semarang, 1999.

Muhammad Yunus, Kamus Arab-Indonesia, Jakarta: Hidakarya Agung, 1972.

Toto Suharto, Epistimologi Sejarah Kritis Ibnu Khaldun, Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2003.

Warul Walidin, Konstelasi Pemikiran Pedagogik Ibnu Khaldun Perspektif Pendidikan Modern, Yogyakarta: Suluh Press, 2005.

Published

2019-12-30

How to Cite

Karimuddin, F. (2019). Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Perspektif Pendidikan. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(2), 69-75. Retrieved from https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jiat/article/view/496