Pemikiran KH. Ahmad Dahlan Tentang Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia
Keywords:
Pendidikan, Kajian, TokohAbstract
Selama kurun waktu lebih dari tiga abad, Indonesia berada dibawah kolonialisme Belanda. Dunia pendidikan khusunya pendidikan Islam berada pada titik terendah dan belum bisa memberikan kontribusi terhadap kemajuan bangsa. Hal ini terjadi akibat pola pikir umat Islam yang sempit dalam menginterpretasiakan ayat-ayat Al-Qur`an, ditambah adanya diskriminasi kaum penjajah terhadap pendidikan Islam, sehingga yang terjadi adalah adanya dikotomi pendidikan Islam dan pendidikan umum. Kebutuhan terhadap pendidikan mendorong masyarakat Islam di Indonesia mengadopsi pola pendidikan modern, maka KH. Ahmad Dahlan melalui organisasi Muhammadiyah yang didirikannya mempelopori suatu sistem pendidikan modern yang memberikan kurikulum pengetahaun umum di sekolah madrasah dan kurikulum agama di sekolah umum. Berangkat dari latar belakang masalah tersebut, Penelitian ingin mengetahui bagaimana pemikiran KH. Ahmad Dahlan tentang modernisasi pendidikan Islam di Indonesia. Metode penelitian yang di pergunakan dalam penelitian ini adalah melalui metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Setelah data terkumpul dan tercatat dengan baik maka langkah selanjutnya adalah menganalisa data. Proses analisis dilakukan dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, kemudian data tersebut di analisis dan dipelajari secara cermat dan dideskripsikan yang selanjutnya memberikan gambaran, penafsiran dan uraian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konsep pemikiran pendidikan Islam yang di bangun KH. Ahmad Dahlan ialah pengkolaborasian atau mensinergikan antara pengetahuan umum dan pengetahuan agama dalam kurikulum sekolah atau madrasah, model pendidikan menurutnya yaitu klasikal.
References
Abudin Nata, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta : Logos Wacana Ilmu,1997.
Abudin Nata, Tokoh-tokoh Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.
Adi Nugroho, Biografi Singkat KH. Ahmad Dahlan, Garasi House Of Book, 2009.
Hery Noer Ali, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 1999.
Hery Sucipto, KH. Ahmad Dahlan Sang Pencerah Pendidik dan Pendiri Muhammadiyah, Jakarta: Best Media Utama, 2010.
Ramayulis dan Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Kalam Mulia, 2010.
Ramayulis dan Samsul Nizar, Tokoh Pendidikan Islam Mengenal Tokoh Pendidikan Islam di Dunia Islam dan Indonesia, Jakarta : Quantum Teaching, 2010.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kalam Mulia, 2008, h. 122.
Suwito dan Fauzan, Sejarah Sosial Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2005, h.159
Syamsul Kurniawan dan Erwin Mahrus, Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam, Jogjakarta : AR-Ruzz Media, 2011, h. 195.
Undang-undang Republik Indonesia, Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : PT Kloang Putra Timur, 2003, h. 17
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />