Aliran-Aliran Dalam Filsafat Pendidikan Islam

Authors

  • Musbani Muhammad Basyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

Keywords:

Aliran-Aliran, Filsafat, Pendidikan Islam

Abstract

Filsafat Pendidikan Barat dan Islam sama-sama terpengaruh oleh Filsafat Yunani.   Seiring   perkembangannya   memiliki   berbagai   aliran   yang   mampu memberi karakter di dunia pendidikan. Perbedaan yang sangat signifikan antara keduanya adalah Filsafat Pendidikan Islam merupakan proses investasi kemanusiaan yang mengandung nilai ibadah sedangkan dalam Filsafat Pendidikan Barat hanya mengandung proses kemanusiaan dan tidak bernilai ibadah. Namun terlepas dari perbedaan tersebut, baik pendidikan Islam maupun Barat keduanya menjadikan manusia sebagai subjek sekaligus objek pendidikan. Sehingga sangat relevan jika pendidikan harus dilakukan sepanjang hayat manusia (long life education).

References

Abdul Azis Dahlan, “Filsafat” dalam Ensiklopedi Tematis Dunia Islam, Jilid IV Jakarta: Ikhtiar Baru Van Hoeve, 2003.

Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005.

Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris, Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2008.

Arif, Mahmud dalam “Pengantar Penerjemah” Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam: Perspektif Sosiologis-Filosofis, karya Muhammad Jawwad Ridha, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2002.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.

Basri, Hasan, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2009.

John Dewey, Democracy and Education, New York: The Free Press, 1966.

Muhamad Jawad Ridlo, Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam; Jogjakarta.PT. Tiara Wacana 2002.

Muhammad ‘Atifh al-Iraqy, Al-Falsafat al-Islamiyyat Kairo: Dar al-Ma’arif, 1978.

Nizar, Samsul, Filsafat Pendidikan Islam: Pendidikan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Ridla, Muhammad Jawwad. Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam: Perspektif Sosiologis-Filosofis. Terj.Mahmud Arif, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2002.

Rupert C. Lodge, Philosophy of Education, Hareh & Brothers, New York, 1947.

Syamsul Rizal, Pengantar Filsafat Islam Bandung: Cita Pustaka Media Perintis, 2010.

Syar’i, Ahmad, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus, 2005.

Published

2019-12-30

How to Cite

Muhammad Basyah, M. (2019). Aliran-Aliran Dalam Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(2), 105-119. Retrieved from https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jiat/article/view/564